Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Siapkan 5 Fitur Baru untuk Android

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2020, Google menyiapkan sejumlah peningkatan untuk platform Android. Raksasa internet itu, misalnya, mengatakan bahwa  Android Auto untuk mobil bakal disebar ke lebih banyak negara.

Google turut menyiapkan fitur-fitur baru untuk Android di ponsel. Ada lima aplikasi yang bakal mendapat kemampuan baru, yakni Gboard, Google Play Audiobooks, Voice Access, Google Maps, dan Nearby Share.

Selengkapnya bisa dilihat di bawah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Senin (7/12/2020).

1. Tambahan emoji pada Gboard

Google menggelontorkan sekitar 14.000 emoji yang bisa dipilih lewat menu keyboard. Dengan Emoji Kitchen, masing-masing emoji ekspresi wajah akan mendapat variasi baru yang berasal dari gabungan dengan emoji lain.

Varian emoji baru tersebut bisa dikirimkan ke pengguna lain lewat aplikasi chatting. Bentuknya pun bukan emoji berbentuk kecil, melainkan stiker.

Update ini sudah tersedia di aplikasi Gboard versi beta. Perlu dicatat, fitur Emoji Kitchen hanya bisa diperoleh untuk pengguna Android 6.0 ke atas.

2. Tools khusus pada aplikasi Google Play Audiobooks

Sebelumnya, tidak semua buku yang ditulis dapat diubah menjadi audiobook. Namun, Google Play telah bekerja sama dengan penerbit asal AS dan Inggris untuk memfasilitasi penulis buku agar dapat menarasikan tulisannya sebagai audiobook.

Audiobook sendiri memuat file audio berisi rekaman suara seseorang yang sedang membacakan isi buku atau sebuah cerita. Singkatnya, audiobook adalah buku yang dikemas dalam bentuk suara.

Google merilis tools khusus bagi para penulis untuk merekam narasi mereka yang akan dijadikan sebagai audiobook.

Tools ini sementara masih tersedia dalam versi beta. Google berencana meluncurkannya ke semua penerbit buku pada awal 2021 mendatang.

3. Menjalankan perintah lewat Voice Access

Voice Access kini bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya yaitu mengendalikan perangkat lewat suara. Fitur ini tentunya dapat membantu para penyandang disabilitas.

Lewat Voice Access, pengguna Android dapat menjalankan aneka perintah lewat suara untuk membuka menu pada ponsel, tanpa harus menyentuh atau mengusap layar smartphone.

Versi terbaru Voice Access sudah tersedia bagi pengguna dengan sistem operasi Android 6.0 ke atas.

4. Riwayat lokasi tersimpan di Go Tab

Lewat kolom Go Tab di Google Maps, pengguna kini bisa melihat riwayat lokasi atau rute jalan yang sebelumnya pernah dilewati.

Pengguna cukup mengklik salah satu tempat untuk membuka rute jalan atau tempat yang sudah disimpan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot untuk mengetik alamat tempat tersebut secara manual.

Jika menggunakan angkutan umum seperti kereta atau bus, pengguna juga bisa memasang pin pada rute tertentu.

Selain itu, Google Maps juga akan menginformasikan jadwal perjalanan kereta atau bus, apabila secara tiba-tiba mengalami hambatan.

Google mengatakan bahwa fitur Go Tab akan diluncurkan di platform Android dan iOS dalam waktu dekat.

5. Berbagi aplikasi lewat Nearby Share

Pengguna Android kini dimungkinkan untuk berbagi aplikasi dari Google Play ke pengguna lain melalui fitur bernama Nearby Share.

Google mengatakan bahwa kemampuan ini tidak memerlukan sambungan internet. Artinya, sesama pengguna hanya cukup mengaktifkan fitur Nearby Share secara bersamaan.

Untuk melakukannya, pengguna bisa membuka menu Share Apps pada Google Play lalu pilih aplikasi mana yang ingin dibagikan. Pembaruan ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/07/16230027/google-siapkan-5-fitur-baru-untuk-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke