Salin Artikel

Xiaomi Resmi Boyong Mi Watch dan Mi Watch Lite ke Indonesia

Dua yang paling baru adalah arloji pintar (smartwatch) perdana Xiaomi di Tanah Air, yakni Mi Watch dan Mi Watch Lite.

Meski mengusung nama berbeda, kedua smartwatch ini dihadirkan untuk menunjang gaya hidup dan mengontrol kesehatan pengguna.

"Mi Watch dan Mi Watch Lite diboyong ke Indonesia demi memberikan akses pemantauan kesehatan yang lengkap, sekaligus mengimbangi gaya hidup pengguna," tutur Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse dalam acara peluncuran virtual, Selasa (8/12/2020).

Mi Watch

Diameter perangkat ini mencapai 1,39 inci dengan resolusi 454 x 454 piksel dan mengusung panel AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 450 nits. Bobot perangkat ini sendiri diklaim sangat ringan, sehingga nyaman dipakai kemana-mana. 

"Mi Watch berbobot 32 gram yang setara dengan empat lembar kertas A4," klaim Head of Public Relations Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia pada kesempatan yang sama.

Sama seperti smartwatch kebanyakan, Mi Watch juga bisa digunakan untuk merekam aktivitas pengguna, di mana mereka bisa mengandalkan sekitar 117 mode penunjang olahraga dan fitur pemantau kesehatan yang tersedia.

Beberapa di antaranya terdiri dari fitur perekaman saat berenang dan berlari, fitur pemantau detak jantung, dan fitur pendeteksi tingkat oksigen dalam darah (SpO2).

Ada pula aneka fitur pendukung lain meliputi pelacakan waktu tidur, pendeteksi tekanan udara, pendeteksi ketinggian, pengontrol kamera smartphone, tingkat ketahanan terhadap air mencapai kedalaman 50 meter (5 ATM), dan masih banyak lagi.

Untuk dapur pacu, Mi Watch ditenagai dengan chipset Apollo 3 dan sudah menjalankan sistem operasi RTOS, lengkap dengan dukungan konektivitas Bluetooth 5.0 dan baterai kapasitas 420 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 16 hari.

Mi Watch Lite

Berbeda dengan Mi Watch reguler, versi "Lite" ini mengusung tampilan yang berbeda lantaran layarnya mengotak (squared), alih-alih membulat (rounded). Desain seperti ini mengingatkan kita terhadap arloji pintar premium dari Apple, yakni Apple Watch.

Secara desain, smartwatch ini dibekali dengan layar IPS LCD seluas 1,4 inci 2.5D dengan resolusi 320 x 320 piksel. Di atas kertas, bobotnya sedikit lebih berat dibanding versi reguler, yakni 35 gram.

Dari segi fitur, alih-alih mendukung 117 mode penunjang olahraga seperti versi reguler, Mi Watch Lite hanya bisa mengukur 11 jenis aktivitas olahraga, mulai dari berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Perangkat ini juga belum mendukung fitur pemantauan SpO2, namun pengguna masih bisa menggunakan sensor pengukur detak jantung untuk memantau kesehatannya.

Fitur pendukung lainnya mencakup tingkat ketahanan terhadap air dengan spesifikasi 5 ATM, konektivitas Bluetooth 5.0, serta opsi lebih dari 120 tampilan antarmuka arloji (watchface) yang bisa dipilih langsung di aplikasi Mi Fit.

Di aspek daya, Mi Watch Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 230 mAh yang diklaim kuat menemani aktivitas pengguna selama kurang lebih 9 hari.

Baik Mi Watch dan Mi Watch Lite mampu menampilkan notifikasi pesan, berikut emojinya, atau panggilan yang masuk ke ponsel yang terhubung. Tujuannya adalah untuk mengetahui isi pesan atau siapa yang menelepon, tanpa harus mengeluarkan smartphone.

Kedua smartwatch juga sudah dibekali dengan sensor GPS dan kompas untuk membantu memantau aktivitas sehari-hari, sekaligus lokasi pengguna, secara akurat.

Harga dan ketersediaan

Di Indonesia, Mi Watch dibanderol dengan harga Rp 1,6 juta dan bisa didapatkan mulai 22 Desember mendatang, tepat pukul 13.00 WIB, di Shopee, Mi.com, dan Authorized Mi Store.

Sedangkan Mi Watch Lite dilego dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 899.000, dan dijual lebih awal dibanding versi reguler, yaitu mulai 15 Desember mendatang, di waktu dan platform yang sama dengan "saudaranya".

Adapun tanggal penjualan perdana kedua arloji pintar ini masih misterius. Namun, pihak Xiaomi memastikan keduanya bakal segera hadir dan bisa dibeli di sejumlah toko resmi rekanan Xiaomi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/08/21502017/xiaomi-resmi-boyong-mi-watch-dan-mi-watch-lite-ke-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.