Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Kenalkan Airpods Max, Headphone "Over-ear" Perdana

KOMPAS.com - Setelah didului dengan beragam rumor, Apple akhirnya meluncurkan aksesori audio terbarunya pada akhir 2020. Alih-alih AirPods Studio, perangkat teranyar ini diberi nama AirPods Max.

Berbeda dengan seri AirPods yang sudah beredar di pasar, AirPods Max merupakan aksesori audio wireless berbentuk over-ear headphone, ini menjadi yang pertama buatan Apple, terlepas dari produk Beats yang adalah hasil akuisisi.

Secara desain, Airpods Max dibekali dengan gagang over-ear yang bisa menyesuaikan lebar kepala pengguna, demi aspek kenyamanan.

Kedua busa headphone Airpods Max (kiri dan kanan) dibekali dengan besi magnet. Apabila busa tersebut kotor, maka pengguna bisa mencopot dan membersihkannya dengan mudah. 

Pada aspek fitur, AirPods Max dibekali dengan audio driver 40 mm, berikut chip Apple H1 yang diklaim bisa mengeluarkan suara berkualitas tinggi.

Berkat kehadiran chip tersebut, beserta beragam sensor yang menyertai masing-masing rumahan (dome) headphone, Airpods Max memiliki beragam fitur serba pintar, layaknya fitur-fitur di earphone AirPods Pro.

Di antaranya seperti Adaptive EQ untuk menyesuaikan kualitas suara dengan jenis musik, Transparency Mode, Audio Sharing, hingga Spatial Audio, untuk pengalaman mendengar yang lebih nyata. 

Headphone wireless ini juga bisa menghentikan pemutaran musik apabila sedang tidak digunakan, dan melanjutkannya kembali apabila busa perangkat menempel dengan telinga pengguna.

Punya fitur peredam bising

Sama seperti headphone premium kebanyakan, perangkat teranyar Apple ini juga memiliki fitur peredam bising aktif (Active Noice Cancellation).

Fitur tersebut mengandalkan delapan buah mikrofon, terdiri dari enam buah mikfofon yang menghadap ke luar (outward) dan dua buah mikrofon yang menghadap ke dalam (inward).

Untuk mengontrol musik yang sedang didengarkan, AirPods Max sendiri mengadopsi modul "Digital Crown" yang diusung oleh Apple Watch.

Modul tersebut memungkinkan pengguna mengontrol volume suara, memainkan (play) atau menyetop musik, menjawab atau menolak panggilan telepon masuk, memanggil asisten digital Siri, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana ketahanan dayanya? Apple mengklaim AirPods Max bisa dipakai untuk mendengarkan musik hingga 20 jam dalam sekali pengisian penuh. Apabila habis, dayanya bisa diisi melalui port Lightning.

Apple mengklaim lima menit pengisian daya Airpods Max bisa memberikan playback time hingga 90 menit.

AirPods Max yang mendukung konektivitas Bluetooth 5.0 ini tersedia dalam lima varian warna, yakni Space Gray, Silver, Sky Blue, Green, dan Pink.

AirPods Max juga hadir dengan bungkusan pelindung headphone bernama "Smart Case". Apabila dimasukkan ke dalam bungkusan tersebut, perangkat disebut bakal bekerja dalam mode hemat daya.

Nah, peminat yang tertarik meminang AirPods Max agaknya kudu merogoh kocek yang tidak sedikit.

Pasalnya, aksesori audio teranyar ini dibanderol dengan harga 549 dollar AS atau sekitar Rp 7,7 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (9/12/2020).

AirPods Max sendiri sudah bisa dipesan di beberapa negara mulai hari ini dan bisa didapatkan mulai 15 Desember. Namun, belum diketahui apakah perangkat tersebut bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/09/11050077/apple-kenalkan-airpods-max-headphone-over-ear-perdana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke