Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MacBook Air Apple M1 Sudah Mejeng di Situs Apple Indonesia

KOMPAS.com - Pada November lalu, Apple resmi meluncurkan tiga perangkat laptop terbarunya, yakni MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini secara global.

Meski belum resmi diumumkan di Tanah Air, namun kemunculan MacBook Air generasi terbaru Apple ini sudah terpampang di laman resmi Apple Indonesia.

Pada halaman utama, terlihat wujud MacBook Air 2020 dengan keterangan singkat mengenai chip terbaru dari Apple, yakni M1 yang berbasis ARM.

Laman Apple Indonesia juga membeberkan spesifikasi lengkap dari perangkat MacBook Air yang dimaksud.

Spesifikasi MacBook Air-M1 2020

Laptop ini mengusung desain yang hampir sama seperti generasi sebelumnya. Salah satu yang membedakan dengan versi MacBook Pro 13 inci adalah, tidak adanya kipas pendingin, sehingga laptop bisa beroperasi lebih senyap.

MacBook Air memiliki layar berbentang 13,3 inci dengan panel Retina Display beresolusi 2.560 x 1.600 piksel. Chip M1 yang tertanam didalamnya memiliki masing-masing delapan inti CPU dan GPU.

Chip tersebut dipadu dengan penyimpanan RAM 8 GB dan storage 256 GB/512 GB. Model di atasnya memiliki opsi kombinasi penyimpanan 16 GB/2 TB.

Laptop mendukung konektivitas WiFi dan dua port thunderbolt dengan USB 4. Ada pula Bluetooth 5.0, Touch ID, dan juga jack headphone 3,5 mm.

Ada tiga varian warna MacBook Air 2020 yang bisa dipilih, yakni emas, perak, dan abu-abu.

Meski demikian, belum diketahui berapa banderol harga MacBook Air 2020 ini di Indonesia. Sebagai gambaran, saat diluncurkan secara global, MacBook Air generasi teranyar ini dibanderol dengan harga 999 dollar AS (sekitar Rp 14,1 juta).

Sudah terdaftar di Kominfo

Di samping itu, ketiga laptop generasi terbaru Apple ini juga sudah terlihat di situs resmi permohonan sertifikat Ditjen Postel Kementerian Kominfo.

Ketika dikunjungi oleh KompasTekno, Sabtu (12/12/2020), laman yang bersangkutan menjelaskan bahwa ada tiga model laptop Apple dengan nomer model A2338 (MacBook Pro), A2337 (MacBook Air), dan A2348 (Mac mini) telah diajukan untuk memperoleh sertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Adapun nama pemohon yang mengajukan sertifikasi tersebut adalah PT. Apple Indonesia.

Menurut situs lokal yang kerap membahas seputar produk Apple, MakeMac, ketiganya disebut akan mulai dijual di Indonesia pada awal 2021 mendatang.

Kendati begitu, informasi di atas belum dikonfirmasi sepenuhnya oleh sejumlah reseller resmi Apple di Indonesia, seperti Erajaya (Erafone & iBox Indonesia) dan Digimap.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/13/14100097/macbook-air-apple-m1-sudah-mejeng-di-situs-apple-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke