Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karyawan Google WFH hingga September 2021, Bakal Pakai Pola Baru

Pengumuman itu disampaikan Pichai lewat e-mail internal perusahaan kepada seluruh karyawan.

"Apabila posisi Anda memungkinkan Anda bekerja dari rumah hingga Juli 2021, Anda bisa melanjutkannya hingga awal September 2021," tulis Pichai.

Dalam memo yang sama, Pichai juga mengumumkan uji coba model kerja hybrid pada September, yang mengombinasikan bekerja di kantor dan di luar kantor. Hal ini dilakukan karena banyak karyawan yang ingin kembali kerja dari kantor tapi tidak penuh waktu.

Salah satunya mengadakan "collaboration days", di mana para karyawan berkumpul di kantor dalam satu hari. Sisa hari kerja lainnya bisa digunakan untuk fokus bekerja, baik di kantor maupun di rumah.

Pola baru 3-2

Pichai juga menawarkan karyawan yang masuk Level 2 dalam kurva penilaian risiko, untuk bekerja dengan pola 3-2 dalam sepekan.

"Minimal tiga hari bekerja di kantor dan dua hari sisanya di rumah (atau tempat lain yang menurutmu terbaik)," tulis Pichai.

Beberapa karyawan Google kabarnya juga ingin bekerja secara fleksibel, seperti perusahaan Sillicon Valley lainnya.

Namun lewat memo terbaru, Pichai mengisyaratkan bahwa Google punya aturan lebih ketat dibanding perusahaan lain.

"Tidak ada perusahaan sekelas kami (Google) yang pernah membuat model kerja hybrid sepenuhnya - meskipun beberapa menguji coba model ini- jadi hal ini akan menarik untuk dicoba," tulis Pichai, dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (16/12/2020).

Sebelum Google, Apple juga telah mengumumkan kepada karyawannya untuk melanjutkan WFH hingga Juni 2021. CEO Apple, Tim Cook mengatakan ada peluang terbuka untuk menyelenggarakan kerja secara fleksibel dari jarak jauh, di masa yang akan datang.

Cook mengakui, meskipun bekerja dari rumah, tim Apple tidak mengorbankan produktivitas dan hasil kerja mereka. Namun di saat yang sama, Cook juga menekankan pentingnya bekerja secara tatap muka.

"Tidak ada perubahan untuk kolaborasi tatap muka," kata Cook kepada karyawannya, menurut salah satu sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, dihimpun dari Bloomberg.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/16/07010037/karyawan-google-wfh-hingga-september-2021-bakal-pakai-pola-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke