Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zoom Gratis Tidak Dibatasi 40 Menit pada Tanggal-tanggal Ini

Batasan waktu video call yang selama ini dipatok 40 menit bagi pelanggan gratisan, akan dicabut dan menjadi tak terbatas pada tanggal-tanggal tertentu.

Sebelumnya, Zoom sudah pernah memberikan akses tak terbatas (unlimited) kepada pengguna gratis pada momen Thanksgiving, kini Zoom kembali memberikan benefit serupa di momen Natal dan tahun baru.

Kebijakan ini berlaku untuk semua pengguna secara global. Artinya, pengguna Zoom di Indonesia pun bisa menikmati benefit ini.

"Kami menghapus batasan 40 menit pada akun Zoom gratis untuk semua meeting secara global, di sejumlah kesempatan," tulis Zoom di blog resminya.

Adapun tanggal-tanggal di mana pengguna akun gratis bisa melakukan video call tanpa batasan waktu 40 menit adalah sebagai berikut:

  • Kamis, 17 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 19 Desember pukul 18.00 WIB
  • Rabu, 23 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 26 Desember 18.00 WIB
  • Rabu, 30 Desember pukul 22.00 WIB - Sabtu, 2 Januari 2021 pukul 18.00 WIB

Zoom mengatakan, dengan dihapusnya batasan tersebut, penggunanya bisa merayakan berbagai hari raya seperti Hanukkah, Natal, atau Tahun Baru bersama teman dan keluarga.

Pengguna tidak perlu melakukan apa pun pada tanggal-tanggal tersebut, cukup membuka akses Zoom di tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

Namun, pengguna disarankan melakukan update Zoom client miliknya, baik itu di ponsel maupun di PC (laptop/desktop), agar bisa mendapat semua produk dan keamanan terbaru.

Zoom sendiri telah menyertakan fitur enkripsi end-to-end (E2EE) atau ujung ke ujung, untuk melengkapi keamanan layanannya, di akun pengguna gratis. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia bagi pengguna premium (berbayar).

Enkripsi end-to-end ini telah hadir bagi semua pengguna Zoom di platform PC, Mac, iOS, Android, maupun Zoom Rooms.

Namun, fitur ini belum tersedia di web client atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Zoom SDK.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/17/14110017/zoom-gratis-tidak-dibatasi-40-menit-pada-tanggal-tanggal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke