Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Model Asal Rusia Ini Tewas Kesetrum iPhone Saat Mandi

Teman sekamar Semenova, yakni Daria, pertama kali menemukan tubuh Semenova sudah terbujur kaku di kamar mandi. Saat mencoba untuk menyelamatkan Semenova, Daria mengaku merasakan sengatan listrik pada kulit temannya itu.

Di tempat kejadian, Daria turut menemukan ponsel iPhone 8 milik Semenova yang tenggelam di dalam bak mandi (bathtub). Ponsel tersebut rupanya sedang dalam keadaan dicas, sehingga diduga menimbulkan arus listrik di dalam bathtub tempat Semenova mandi.

"Saat saya menyentuhnya (Semenova), saya tersengat listrik. Ternyata ada sebuah ponsel yang sedang dicas tenggelam di dalam air," tutur Daria.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, tim paramedis pun menyatakan bahwa penyebab kematian Semenova diakibatkan oleh sengatan listrik.

Umumnya, ponsel yang jatuh ke dalam air tidak akan menimbulkan bahaya. iPhone 8 sendiri telah mengantongi sertifikasi IP67, sehingga masih bisa berfungsi meski telah jatuh di dalam air berkedalaman maksimum 1 meter selama 30 menit.

Namun dalam kasus ini, ponsel yang dimiliki Semenova sedang dalam keadaan dicas. Sehingga, arus listrik yang berasal dari port charging akan berpotensi menyengat apabila terjatuh ke dalam air.

Sebelum meninggal dunia, Semenova diketahui sering membawa ponsel miliknya ketika ia hendak mandi. Hal tersebut terungkap dari beragam koleksi gambar dan video yang tersimpan di galeri ponsel miliknya.

Ironisnya, ini bukan kasus kematian pertama yang disebabkan oleh ponsel yang sedang di-charge di kamar mandi.

Pada Agustus lalu, seorang siswi berusia 15 tahun asal Moskow, Rusia dilaporkan meninggal dunia akibat sengatan listrik di kamar mandinya.

Kejadian serupa juga dialami oleh bintang poker internasional, Liliya Novikova. Wanita 26 tahun itu ditemukan tak bernyawa setelah dirinya tersetrum aliran listrik ketika sedang mandi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (17/12/2020).

Kementerian Rusia bahkan telah mengeluarkan peringatan, terkait bahaya menggunakan ponsel sambil di-charge saat di kamar mandi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/17/17350047/model-asal-rusia-ini-tewas-kesetrum-iphone-saat-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke