Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belanja Online di Instagram Kini Bisa Chatting dengan Penjual lewat WhatsApp

Dengan fitur tersebut, calon pembeli di Instagram dapat langsung menghubungi penjual melalui WhatsApp lewat sebuah tombol khusus tanpa perlu menyimpan nomor tersebut. 

Nantinya, pengguna akan mendapati sebuah tombol baru yang tertera di halaman profil akun Instagram penjual. Ketika tombol tersebut diklik, pengguna akan secara otomatis dialihkan ke aplikasi WhatsApp.

Di sana, pengguna dapat langsung memulai percakapan dengan para penjual. Sebelum fitur ini hadir, pemilik akun Instagram bisnis hanya bisa mencantumkan nomor telepon dan e-mail di halaman profil Instagram mereka.

Awalnya, pembeli yang ingin menghubungi penjual hanya bisa mengirimkan pesan melalui Direct Message di Instagram atau melalui panggilan telepon dan e-mail.

Instagram mengatakan bahwa fitur ini sudah tersedia dan bisa langsung dicicipi oleh pengguna di Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Pasific yang mendapatkan fitur ini.

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, fitur ini diharapkan dapat membantu UMKM dan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka, terutama di masa pandemi.

"Melalui fitur ini, kami harap para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis yang mereka sukai secara lebih mudah dan cepat sehingga dapat mempercepat terjadinya proses transaksi," kata Pieter dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (18/12/2020).

Sebelum bisa menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para pemilik akun bisnis Instagram. Mereka harus terlebih dahulu menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis mereka.

Pertama-tama, pemilik akun bisnis dapat mengunjungi halaman akun bisnis Instagram dan pilih opsi Edit Profil. Berikutnya, pilih opsi Kontak lalu tambahkan nomor WhatsApp yang diinginkan.

Kemudian, Instagram akan mengirimkan kode autentikasi. Masukkan kode tersebut agar akun Instagram bisnis dapat terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp Anda.

Pemilik akun bisnis Instagram juga dapat membatalkan tautan akun Instagram dengan WhatsApp. Caranya pun cukup mudah. Di aplikasi WhatsApp, buka Fitur Bisnis dan pergi ke menu Pengaturan.

Pilih opsi Akun Tertaut kemudian pilih Instagram. Pilih opsi Batalkan Tautan untuk mengahpus tautan antara akun Instagram dengan akun WhatsApp Anda.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/18/16300017/belanja-online-di-instagram-kini-bisa-chatting-dengan-penjual-lewat-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke