Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memotret dengan Smartphone untuk Liburan Anti-bosan di Rumah

KOMPAS.com - Momen akhir tahun 2020 segera tiba. Keseruan pergantian tahun yang dirayakan bersama keluarga di rumah bisa diabadikan menggunakan kamera.

Kini, kegiatan semacam itu tidak harus menggunakan kamera DSLR atau kamera poket. Sebab, sudah banyak smartphone berkamera mumpuni yang bisa diandalkan, salah satunya adalah Vivo Y51.

Ponsel Y-series teranyar Vivo ini dibekali dengan sederet kamera yang kaya fitur.

“Lewat Vivo Y51, kami memberikan banyak fitur dukungan baik pada kamera belakang dan depan yang bisa digunakan pengguna untuk menangkap momen terbaik di sekitar mereka," tutur Product Manager Vivo Indonesia, Gilang Pamenan, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (21/12/2020).

Di bagian belakang, misalnya, ada tiga kamera yang terdiri dari 48 MP Rear Camera, 8 MP (Super Wide Angle + Super Bokeh), dan 2 MP (Macro).

Tiga kamera belakang ini didukung oleh beberapa fitur fotografi, seperti pemotretan mode malam (Super Night Mode), filter kondisi malam (Stylish Night Filter), penstabil video (Ultra Stable Video/EIS), hingga perekaman video 4K.

"Vivo Y51 memiliki fitur Ultra Stable Video serta mode perekaman hingga resolusi 4K, kamera ponsel akan merekam keadaan sekitar dengan tetap stabil walau melakukan perekamanan saat bergerak.” kata Gilang Pamenan.

Sedangkan di bagian depannya ada satu kamera 16 MP AI Selfie Camera yang dimuat dalam sebuah takik (notch) ala tetesan air (waterdrop). Kamera selfie ini juga mendukung fitur Super Night Selfie untuk menghasilkan foto wajah terang di kondisi minim cahaya.

"Vivo Y51 (juga) memiliki fitur Super Night Selfie yang bisa digunakan pengguna untuk foto selfie maupun wefie yang bagus walau dalam kondisi minim cahaya," imbuh Gilang.

Nah, demi menghasilkan foto dan video yang optimal, terlebih di momen-momen penting seperti liburan akhir tahun, Vivo memberikan sejumlah tips dan trik untuk memanfaatkan beragam fitur fotografi di Vivo Y51. Apa saja?

Tips dan trik memotret pakai Vivo Y51

1. Mengatur komposisi obyek

Komposisi obyek dan lingkungan bisa dibilang menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum mengabadikan sebuah momen. Ketika obyek tidak sejajar dengan obyek lainnya, atau kondisi foto miring, misalnya, gambar yang dihasilkan tidak akan terlihat begitu memuaskan.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna bisa mengaktifkan fitur Framing lines dan Portrait Framing di aplikasi kamera Vivo Y51.

Fitur ini memungkinkan pengguna memanfaatkan garis-garis pemandu di bidikan layar kamera, sehingga kerapian obyek, begitu juga komposisi dengan lingkungan dan obyek lainnya, bisa diatur sedemikian rupa sebelum dijepret.

2. Perhatikan pencahayaan

Aspek pencahayaan (lighting) bisa dibilang merupakan hal yang paling penting dalam pemotretan. Sebab, apabila tak ada cahaya yang cukup, maka hasil foto akan gelap dan sulit dilihat.

Vivo Y51 sendiri memiliki fitur pemotretan malam hari, alias Super Night Mode yang bisa dipakai ketika kondisi pencahayaan tidak memadai. Ada pula fitur Stylish Night Filter yang bisa digunakan untuk filter-filter ciamik malam hari.

Di kondisi pemotretan yang cukup cahaya, atau siang hari, pengguna Vivo Y51 juga bisa memanfaatkan fitur Portrait Light Effect untuk memotret obyek manusia dengan efek pencahayaan artifisial, seperti Stereo Light dan Monochrome Mode. 

3. Atur angle dan jarak pemotretan

Posisi pengambilan gambar atau angle, serta penentuan jarak pemotretan, juga tak kalah penting dalam kegiatan fotografi. Sebab, kedua hal tersebut bisa menentukan kualitas atau tujuan dari sebuah foto yang dijepret.

Di Vivo Y51, pengguna bisa memakai kamera 8 MP Super Wide-Angle untuk memotret obyek dengan bidang pandang yang lebih luas dari kamera utama 48 MP.

Lalu, apabila pengguna ingin memotret obyek kecil dari jarak dekat (sekitar 4 cm), misalnya lalat, bunga, dan lainnya, mereka bisa menggunakan kamera 2 MP Super Macro.

Kedua kamera ini bisa dipilih dengan mudah di aplikasi kamera sesuai kebutuhan pemotretan. Sehingga, mereka tidak hanya mengandalkan kamera utama saja untuk memotret beragam momen berbeda.

4. Pakai fitur perekaman video

Tak hanya dijepret, momen yang sedang dinikmati juga bisa direkam dengan kamera smartphone. Vivo Y51 mendukung perekaman video hingga resolusi 4K, sehingga video yang direkam bisa terlihat sangat jelas.

Perlu dicatat, pada saat merekam, hindari guncangan yang berlebihan agar kualitas video tetap terjaga.

Untuk menunjang hal tersebut, Vivo Y51 memiliki fitur Ultra Stable Video yang mengandalkan sensor Electronic Image Stabilization (EIS) untuk meredam guncangan yang berpotensi terjadi saat merekam video.

Fitur ini didukung dengan berbagai algoritma yang memungkinkan sistem menghaluskan aneka frame dalam video yang mengalami guncangan berlebih.

Dengan begitu, video yang direkam dengan Vivo Y51 bakal tetap stabil, meski direkam saat bergerak, berlari, atau bersepeda.

5. Edit foto sebelum dibagikan

Pamer foto di media sosial sudah menjadi hal yang lumrah. Pengguna pun dituntut untuk menampilkan hasil foto yang bagus.

Karenanya, tak ada salahnya untuk mengedit foto yang telah dijepret terlebih dahulu sebelum dibagikan. Di Vivo Y51, kegiatan tersebut bisa dilakukan tanpa memakai aplikasi edit foto tambahan.

Melalui aplikasi bawaan, pengguna bisa memilih filter, mengatur kontras, tingkat kecerahan, dan berbagai komposisi gambar lainnya untuk membuat foto lebih ciamik.

Selain itu,  sudah ada AI Instant Vlogging untuk mengedit video dengan menambahkan filter, captions, hingga musik dengan berbagai tema secara otomatis, hanya dalam sekali klik.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/21/11000027/tips-memotret-dengan-smartphone-untuk-liburan-anti-bosan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke