Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Daftar 10 YouTuber Terkaya 2020 Versi Forbes

Estimasi pendapatan ini merupakan jumlah sebelum dipotong pajak dan biaya lainnya seperti untuk membayar agen, manajer, hingga pengacara.

Daftar tahun ini tidak banyak berbeda dari 2019. YouTuber cilik, Ryan Kaji, masih bertahan di posisi paling atas dengan penghasilan 29,5 juta dollar AS (sekitar Rp 418 miliar) dari kanal YouTube-nya.

Kemudian, adanya nama baru Jimmy Donaldson, atau yang lebih dikenal dengan Mr. Beast, yang langsung melejit ke peringkat kedua.

Sementara nama YouTuber gaming PewDiePie yang tahun lalu masuk dalam 10 besar, harus absen dari daftar ini karena ia tengah rehat dari aktivitas di YouTube.

Dirangkum KompasTekno dari Forbes, Rabu (23/12/2020), kesepuluh YouTuber dengan pendapatan terbanyak tahun 2020 ini meraup penghasilan dengan total 201 juta dollar AS (Rp 2,87 triliun).

Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 162 juta dollar AS (sekitar Rp 2,2 triliun).

Lantas, siapa saja YouTuber yang masuk ke dalam jajaran YouTuber terkaya versi Forbes kali ini? Berikut daftarnya.

1. Ryan Kaji

Ryan atau yang sering disebut sebagai "child influencer" pertama kali membuat video pada Maret 2015 setelah menonton saluran ulasan mainan lain.

Walaupun masih berusia 9 tahun, Ryan saat ini diketahui menjalankan sembilan saluran Youtube. Ryan's World adalah yang paling populer dengan 41,7 juta pelanggan dan 12,2 miliar penayangan.

Video Ryan yang paling populer, Huge Eggs Surprise Toys Challenge, telah ditonton lebih dari 2 miliar kali.

2. Mr. Beast (Jimmy Donaldson)

Tahun ini, ia diperkirakan meraup pendapatan hingga 24 juta dollar AS (Rp 342,6 miliar). Konten video yang dibuat Jimmy merupakan gabungan adegan aksi dan humor. Total penayangan dari saluran Youtube Mr. Beast ini sudah mencapai 3 miliar penayangan.

Dalam 12 bulan terakhir, pria yang memiliki 47,8 juta subscriber di kanal YouTube-nya itu melakukan beberapa aksi, mulai dari membekukan dirinya sendiri di dalam es, mengelilingi bianglala 1.000 kali, dan membangun menara Lego terbesar yang pernah ada.

3. Dude Perfect

Namun, jika dibandingkan dengan tahun 2019, pendapatan saluran Dude Perfect mengalami kenaikan sebesar 3 juta dollar AS (Rp 42,8 miliar).

Kanal Youtube Dude Perfect ini biasanya menyajikan video permainan olahraga yang dilakukan dengan cara yang unik dan bernuansa komedi. Video-video mereka sudah ditonton hingga 2,77 miliar penayangan, menurut Forbes.

Kanal yang berisikan si kembar Cory dan Coby Cotton, dan sahabat mereka, Garret Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney saat ini memiliki 57,5 juta pelanggan.

4. Rhett and Link

Rhett alias Rhett James McLaughlin dan Link alias Charles Lincoln III, masih bertahan di posisi keempat sebagai YouTuber dengan pendapatan tertinggi yakni diperkirakan mencapai 20 juta dollar AS (Rp 285,5 miliar).

Jumlah ini meningkat 2,5 juta dollar AS (Rp 35,6 miliar) dari 2019.

Kanal "Good Mythical Morning" yang menyajikan konten komedi ini memiliki sebanyak 41,8 juta pelanggan. Video mereka telah ditonton hingga 1,9 miliar penayangan.

Saat ini, "Good Mythical Morning" memiliki basis penggemar yang kian berkembang. Bahkan para penggemarnya rela membayar 10 hingga 20 dollar AS (Rp 142.700 - 285.500) per bulan untuk akses ke konten eksklusif.

5. Markiplier (Mark Fischbach)

Ia banyak membuat konten gaming, komedi berbentuk sketsa, hingga parodi dalam bentuk animasi ini diestimasikan meraup pendapatan sebesar 19,5 juta dollar AS (Rp 278,4 miliar).

Pendapatan ini naik dua kali lipat dari pendapat mereka di tahun 2019 yang hanya mencapai sekitar Rp 182 miliar. Video di kanal Markiplier saat ini sudah ditonton hingga 3,1 penayangan dan memiliki 27,8 juta pelanggan.

6. Preston Arsement

Tahun ini, kanal Preston Arsement masih berada di posisi enam, sama seperti tahun lalu. Kanal YouTube yang sebelumnya dikenal dengan nama Youtube PrestonPlayz tahun ini diperkirakan mengantongi penghasilan hingga 19 juta dollar AS (Rp 271,2 miliar).

Pendapatan tersebut meningkat dari tahun lalu yang diperkirakan menghasilkan sekitar Rp 196 miliar. Ia mulai populer di YouTube setelah banyak membuat konten Minecraft.

Menurut informasi Forbes, Preston mengoperasikan beberapa server Minecraft yang menambah penghasilannya. Para pemain Minecraft lain rela membayar untuk mengakses dunia Minecraft dan item game yang ia buat.

Kanalnya saat ini telah diikuti oleh 33,4 juta pelanggan dan videonya telah ditonton sebanyak 3,3 miliar penanyangan.

7. Nastya (Anastasia Radzinskaya)

Jumlah ini turun dari tahun 2019 yang diperkirakan mencapai Rp 525 miliar. Kanal yang telah diikuti oleh 190,6 juta pelanggan ini biasanya menyajikan kegiatan Nastya bersama dengan sang ayah bermain Lego hingga melakukan pekerjaan rumah tangga.

Sejak debutnya di daftar yang sama tahun lalu, Nastya telah berkembang. Sekarang ia menjadi anak populer di TikTok dengan 3 juta pengikut dan akan meluncurkan programnya sendiri tahun depan.

8. Blippi (Stevin John)

Pria berusia 32 tahun ini pertama kali meluncurkan kanal YouTube-nya pada 2014. Ia berperan sebagai karakter Blippi yang menggunakan pakaian cerah seperti anak kecil.

Konten video Blippi memang ditujukan untuk mengedukasi anak-anak misalnya belajar soal warna, angka, bentuk, dan sebagainya.

Kanal Blippi saat ini telah diikuti oleh 27,4 juta pelanggan dan videonya sudah ditayangkan sebanyak 8,2 miliar kali.

9. David Dobrik

David Dobrik YouTuber asal Slovakia ini masuk dalam daftar YouTuber terkaya versi Forbes tahun ini. Pendapatannya diperkirakan mencapai 15,5 juta dollar AS (Rp 221,3 miliar).

David melakukan berbagai hal untuk membuat penontonnya tertawa. Bahkan, hal yang tidak bisa diduga sekalipun.

Kanal Youtubenya telah diikuti oleh 18 juta pengikut dengan video penayangan mencapai 2,7 miliar kali.

Akhir-akhir ini, Dobrik berkonsentrasi untuk memindahkan aktivitasnya ke TikTok. Dia juga menjadi populer di sana dan berhasil mengumpulkan 24,7 juta pengikut.

10. Jeffree Star

Jumlah tersebut menurun jika dibandingan dengan tahun 2019. Tahun lalu, Jeffree berhasil mengantongi penghasilan sekitar Rp 238 miliar.

Turunnya Ini merupakan dampak dari sejumlah kontroversi yang menimpa dirinya. Seperti perilaku rasis hingga tuduhan pelecehan seksual yang dia bantah.

Selain itu, ia juga terlibat perseteruan selama bertahun-tahun dengan sesama YouTuber, James Charles.

Kontroversi tersebut akibatnya berimbas kepada bisnis Jeffree di mana peretail besar, Morphe, memutuskan berhenti menjual produk milik Jeffree Star.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/23/14250037/ini-daftar-10-youtuber-terkaya-2020-versi-forbes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke