Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Instagram Best Nine 2020

Unggahan tersebut dilabeli dengan tagar #bestnine yang menandakan sebagai sembilan foto terbaik milik pengguna dalam satu tahun terakhir.

Untuk membuat kolase foto Best Nine 2020, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah aplikasi Top Nine.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

Kolase best nine juga bisa dibuat lewat browser dengan mengunjungi Top Nine, https://creatorkit.com/top-nine-best-of-2020/, melalui browser di komputer atau laptop.

Ketika masuk ke dalam situs Top Nine Best of 2020 melalui browser, pengguna cukup memasukkan username (ID) Instagram dan menekan tombol "Instagram username".

Pada halaman berikutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail pengguna yang aktif. Setelah itu cukup klik tombol "Get Top Nine".

Tak butuh waktu lama, situs pun akan menampilkan Best Nine Instagram 2020 milik Anda yang berisi sembilan foto dengan jumlah "like" terbanyak.

Kolase disusun berdasarkan popularitasnya. Dari pojok kiri atas ditempelkan foto dengan like terbanyak, hingga di ujung kanan bawah yang paling sedikit di antara sembilan foto.

Tercantum pula beberapa informasi tambahan terkait kolase tersebut, seperti jumlah "like" pada sembilan foto tersebut, serta jumlah rata-rata "like" per foto.

Pengguna dapat menyimpan foto hasil kolase tersebut di galeri ponsel dengan menekan tombol "Save & Share".

Selanjutnya simpan gambarnya, filenya bisa dikirim ke ponsel atau langsung di-upload dari laptop dengan terlebih dahulu login akun Instagram di browser.

Perlu diperhatikan bahwa Top Nine hanya merangkum foto yang diunggah pada tahun 2020 saja. Artinya, foto yang diunggah di tahun 2019 tidak akan ikut dicantumkan di dalam kolase, meski jumlah "like" foto tersebut lebih banyak dibandingkan foto yang diunggah pada 2020.

Selain itu perlu, Top Nine juga hanya dapat menampilkan kolase foto dari akun yang profilnya tidak dikunci (tidak private). Untuk itu, pengguna wajib mengubah privasi akun Instagram yang awalnya private menjadi public.

Caranya pun terbilang sederhana. Pengguna bisa mengunjungi menu Settings yang terdapat pada kolom Profile. Setelah itu, pilih ikon tiga garis horizontal dan klik Privacy.

Pada menu tersebut, pengguna wajib menonaktifkan opsi pada opsi Private Account untuk memberikan hak akses kepada aplikasi Top Nine.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/28/15330057/cara-membuat-instagram-best-nine-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke