Salin Artikel

Natal 2020, Pelanggan Telkomsel Perbanyak Browsing Kurangi Belanja Online

Jumlah tersebut tumbuh sekitar 45,98 persen dibandingkan momen Natal pada 2019 lalu. Adapun lima wilayah provinsi yang mengalami lonjakan trafik payload data tertinggi yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi, dan Sumatera Selatan.

Untuk payload layanan data/digital, lonjakan trafik didorong dengan peningkatan layanan akses browsing yang naik hingga 14,4 persen. Kemudian disusul layanan streaming video yang naik hingga 9,12 persen.

Adapun layanan media sosial juga naik sebesar 7,85 persen, layanan communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) naik hingga 6,26 persen, dan juga untuk layanan aplikasi/situs media online turut naik sebesar 4,61 persen.

Sedangkan untuk layanan mobile gaming sedikit turun, sekira -1,2 persen, dan juga akses layanan e-commerce turun sebesar -5,03 persen.

Untuk trafik komunikasi layanan voice turun sebesar -8,6 persen dan SMS sebesar -10,16 persen dibanding hari biasa.

"Selama periode momen perayaan Hari Raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, Telkomsel telah mengambil sejumlah langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

"Khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia," lanjut Denny dalam keterangannya kepada KompasTekno, Senin (28/12/2020).

Telkomsel juga telah mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/28/16180027/natal-2020-pelanggan-telkomsel-perbanyak-browsing-kurangi-belanja-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.