Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aplikasi Video Call "Rame-rame" untuk Perayaan Malam Tahun Baru

Untuk tetap berinteraksi dengan teman atau keluarga yang tidak tinggal serumah, kita bisa menggunakan aplikasi konferensi jarak jauh yang bisa menampung banyak orang sekaligus.

Cukup banyak aplikasi video call atau konferensi video yang bisa Anda gunakan untuk bertemu secara online atau sekadar melepas rindu ke teman dan keluarga selama perayaan menuju tahun baru 2021.

Zoom Meetings merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer selama pandemi ini. Selain itu, ada WhatsApp dan Facetime yang sudah sejak lama dipakai pengguna.

Berikut daftar lengkapnya dan KompasTekno turut menyertakan alamat situs web dan link download ke masing-masing aplikasi.

1. Zoom

Aplikasi ini bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video.

Zoom dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni untuk kemudahan pertemuan tatap muka secara online, seperti fitur membagi layar pengguna ke para peserta (screen sharing), serta dukungan Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dokumen dan foto.

Khusus momen tahun baru, Zoom memberikan akses tanpa batas untuk pengguna gratisan, yang biasanya dibatasi maksimal 40 menit.

Jika ingin menggunakan Zoom, silakan kunjungi www.zoom.us atau tautan berikut untuk versi Android dan tautan berikut untuk versi iOS.

Cara pakai Zoom:
Begini Cara Ganti Background di Aplikasi Zoom saat Video Conference
Zoom Versi PC Punya Filter Wajah Lucu, Begini Cara Pakainya
Cara Menghemat Kuota Internet saat Menggunakan Zoom
Panduan Aman untuk Peserta dan Admin Meeting Online via Zoom

Pengguna bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar video call kecil-kecilan.

Perlu dicatat, WhatsApp hanya mengizinkan delapan orang sekaligus (termasuk pengguna) untuk melakukan video call dalam satu panggilan.

Aplikasi WhatsApp bisa diunduh di tautan ini (Android) dan link ini (iOS).

Video call di WhatsApp sebenarnya sudah bisa dilakukan melalui komputer, tetapi sayangnya fitur belum tersedia di Indonesia.

3. Google Meet

Google memiliki aplikasi percakapan online bernama Hangouts Meet. Tidak seperti WhatsApp, Hangouts Meet mampu menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Teman atau keluarga bisa diundang untuk bergabung dalam sebuah ruangan meeting online hanya dengan memasukkan "Meeting code" yang diberikan oleh penyelenggara percakapan video.

Google Meet versi Android bisa diunduh di tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa di-download di tautan ini.

Pengguna juga bisa langsung menikmati layanan Meet melalui versi web di tautan berikut.

4. Facetime

Pengguna produk Apple pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Facetime merupakan aplikasi panggilan video untuk produk ekosistem Apple seperti iPhone, iPad, dan Pod Touch. Facetime mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Tidak hanya kamera depan, pengguna Facetime juga bisa menggunakan kamera belakang untuk memperlihatkan objek yang sedang mereka saksikan di depan mata secara real kepada peserta panggilan video.

Sayangnya, aplikasi FaceTime hanya bisa digunakan di perangkat buatan Apple sendiri. Untuk mengunduhnya silakan klik tautan berikut.

5. Skype

Skype adalah aplikasi percakapan berbasis suara dan video besutan Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan hingga 100 orang bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan.

Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat, mencakup komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

Jika ingin mencoba Skype, Anda bisa mengunduhnya di tautan berikut untuk memilih perangkat yang ingin dipasangi aplikasi tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/31/14010017/5-aplikasi-video-call-rame-rame-untuk-perayaan-malam-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke