Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Milik Pembuat PUBG Mobile Mendadak Dihapus dari Toko Huawei

Seorang juru bicara Tencent mengatakan bahwa aneka game dari perusahaannya memang sengaja dihapus oleh empunya toko.

"Karena platform game mobile Huawei tidak memperbarui kontraknya dengan Mobile Game Promotion Project Agreement dari kami sesuai jadwal, maka produk-produk Tencent Games mendadak dihapus pagi ini," kata sang juru bicara.

Alasan di balik penghapusan itu tidak disebutkan. Namun, seorang sumber mengatakan pangkal masalahnya terkait persoalan bagi hasil antara Tencent dan Huawei.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Sabtu (2/1/2021), disebutkan bahwa Huawei ngotot meminta "jatah" 50 persen dari pemasukan yang dihasilkan, sementara Tencent tidak setuju.

Meskipun beken secara global, kemitraan dengan Huawei tetap penting buat Tencent lantaran pabrikan gadget tersebut memiliki banyak pengguna di China, yang merupakan pasar terbesar Tencent.

Huawei menguasai lebih dari 40 persen pangsa pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu dan hampir 15 persen di pasar global, menurut firma riset IDC dan Canalys.

Selain Tencent, kabarnya pembuat game lain juga memiliki permasalahan serupa dengan Huawei, termasuk Mihoyo, pengembang Genshin Impact.

Meski demikian, penghapusan tersebut tidak berlangsung lama. Huawei segera mengembalikan judul-judul game Tencent di toko aplikasinya pada hari yang sama.

Tencent kemudian mengatakan bahwa kedua pihak "akan terus bekerja sama  menghadirkan layanan dan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna". Adapun Huawei menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters.

Masalah bagi hasil kerap menjadi pemantik konflik di antara pengembang dan pemilik toko aplikasi.

Salah satu kasus lain yang banyak menyita perhatian adalah perselisihan antara pembuat game Fortnite, Epic Games, yang ditendang dari App Store lantaran tidak setuju dengan pungutan yang diterapkan oleh Apple selaku pemilik lapak.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/02/13230057/game-milik-pembuat-pubg-mobile-mendadak-dihapus-dari-toko-huawei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke