Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Video yang Paling Banyak Dapat "Dislike" di YouTube

Namun, tak sedikit justru hal sebaliknya yang didapat. Jumlah view yang sedikit mungkin hal biasa. Namun, Jika video justru kebanjiran dislike yang bersimbol "jempol ke bawah" bisa jadi bikin YouTuber bertanya-tanya atau bersedih hati.

Baru-baru ini, Digitaltrends melaporkan daftar sepuluh video yang paling banyak tidak disukai di YouTube hingga tahun 2020.

Yang menarik dari daftar tersebut ialah empat dari sepuluh video yang masuk dalam daftar ini merupakan lagu anak-anak yang populer.

Dua lainnya merupakan video buatan YouTube itu sendiri. Lalu, ada juga YouTuber yang sengaja mengumpulkan banyak dislike.

Berikut daftar lengkapnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno.

1. YouTube Rewind 2018 — YouTube

Video yang paling banyak menuai dislike justru datang dari platform YouTube itu sendiri.

YouTube Rewind 2018 didaulat sebagai pencatat rekor dislike terbanyak sepanjang sejarah YouTube. Bagaimana tidak, video besutan YouTube yang diunggah dua tahun lalu kini sudah mengumpulkan lebih dari 18,6 juta jempol ke bawah.

Menurut pantauan KompasTekno, YouTube Rewind 2018 yang mengangkat judul Everyone Controls Rewind itu telah ditonton lebih dari 210,6 juta kali dengan jumlah like yang hanya 2,9 juta.

Untuk diketahui, YouTube Rewind 2018 memang mengusung konsep agak berbeda dibanding video YouTube Rewind tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak alasan mengapa banyak penonton tidak menyukai YouTube Rewind.

Sebagian besar penonton konon merasa bahwa video berdurasi sekitar delapan menit 13 detik itu tidak mewakili pandangan YouTuber dan penonton terhadap tren YouTube di tahun 2018. Ada juga yang mengeluhkan banyaknya YouTuber populer yang malah absen di YouTube Rewind 2018.

Selain itu muncul juga anggapan bahwa video rangkuman ini hanya memajang para kreator yang "ramah iklan" dan sengaja tak menampilkan kreator yang terlibat kontroversi, seperti Logan Paul dan PewDiePie.


2. Sadak 2 Trailer — Fox Star Studios

Saat 24 jam pertama dirilis di YouTube, trailer film Sadak 2 diketahui langsung mengumpulkan 4,2 juta dislike.

Banjir dislike dalam trailer ini awalnya mulanya diinisiasi oleh penggemar penggemar aktor Sushant Singh Rajput. Seperti diketahui Sushant Singh meninggal dunia karena bunuh diri di bulan Juni.

Penggemar Sushant telah menyebarkan teori konspirasi bahwa aktor tersebut dikucilkan oleh industri film, terutama oleh "orang dalam", yang mendorongnya untuk bunuh diri.

Jumlah dislike ini dikabarkan menjadi cerminan bahwa banyak orang yang kesal dengan nepotisme di dunia Bollywood.

Hingga artikel ini ditulis, trailer Sadak 2 sudah dilihat sebanyak 77,5 juta kali dengan jumlah dislike lebih dari 13,3 juta. Sedangkan jumlah like-nya hanya 736.000.

3. Baby — Justin Bieber featuring Ludacris

Video debut Justin Bieber ini telah mengumpulkan 11,9 juta dislike. Tak seperti dua video sebelumnya, video ini memiliki jumlah like yang lebih banyak ketimbang dislike-nya, yakni mencapai 16 juta.

Sejak debutnya pada tahun 2010, ada ratusan parodi dan remix dari hit pertama Justin ini. Walaupun demikian, video yang dirilis tahun 2010 itu sudah ditonton hingga 2,3 miliar kali.

4. Baby Shark Dance — Pinkfong! Kids’ Songs & Stories

Lagu yang sempat viral ini ternyata juga memiliki dislike yang banyak, yakni 10,7 juta. Tidak diketahui pasti apa alasan dibalik banjir dislike pada lagu anak-anak populer ini.

Namun melansir Digitaltrends, tombol jempol ke bawah ini sepertinya berasal dari para orangtua yang bosan dengan lagu ini. Video Baby Shark Dance sendiri hingga saat ini sudah memiliki 7,5 miliar penyangan dengan 23 juta like.

Dengan jumlah penayangan tersebut, Baby Shark Dance juga menyalip Despacito sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube pada November lalu.

Popularitas viral ini masih menjadi misteri. Namun banyak yang menilai, video dengan gerakan tarian yang mudah, karakter lucu, dan lirik menarik adalah kuncinya.

5. YouTube Rewind 2019: For the Record — YouTube

Setelah video YouTube Rewind 2018 dibanjiri dislike, YouTube menjanjikan penerusnya tidak mengecewakan dan menyuguhkan Highlight Rewind 2019 dengan tampilan yang jauh berbeda.

"Pada tahun 2018, kami membuat sesuatu yang tidak Anda sukai. Untuk Rewind 2019, mari kita lihat apa yang Anda sukai," tulis YouTube dalam keterangan video yang diunggah pada Desember 2019 lalu.

Sayangnya, usaha YouTube belum benar-benar berhasil. Video YouTube Rewind 2019 yang mengangkat judul For the Record masih diganjar dengan banyak jempol ke bawah.

Hingga saat ini, video tersebut telah mendapatkan 9,3 juta dislike. Jumlah tersebut masih lebih sedikit ketimbang pendahulunya.

6. Johny Johny Yes Papa — LooLoo Kids

Ini adalah lagu anak-anak kedua yang mendaptkan jumlah dislike lebih dari 5 juta dalam daftar ini. Melansir Digitaltrends, rasanya cukup aneh bila lagu anak-anak mendapatkan banjir dislike.

Ini bukan lagu yang buruk, tetapi, seperti kebanyakan lagu untuk anak-anak, liriknya sederhana dan repetitif. Hal inilah yang mungkin membuat orangtua kesal dan merasa bosan sehingga memberikan jempol ke bawah untuk lagu ini.

Video berdurasi satu menit 40 detik ini telah ditonton lebih dari 4,4 miliar kali dengan jumlah like lebih banyak dari dislike-nya, yakni 12 juta.

7. Learning Colors Multi-Colored Eggs on the Farm — Miroshka TV

Sesuai dengan judulnya, video yang dinarasikan dalam bahasa Rusia ini berisi materi pembelajaran warna untuk anak-anak. Walaupun berisi materi edukasi, video ini juga tak luput dari banjir dislike pengguna YouTube.

Hingga saat ini, video berdurasi lima menit sepuluh detik itu telah ditonton lebih dari 3,6 miliar kali dengan jumlah like 10 juta dan dislike mencapai 6,9 juta.


8. Bath Song — Cocomelon Nursery Rhymes

Video Bath Song dirilis pada Mei 2018. Beberapa bagian lirik dan nada dalam lagu ini mengikuti lagu Baby Shark Dance yang juga masuk dalam daftar ini.

Video berdurasi dua menit 52 detik ini telah ditayangkan lebih dari 3,4 miliar kali dengan jumlah like 8,1 juta dan dislike mencapai 5,6 juta.

9. Flores — Vitão and Luísa Sonza

Video musik yang dirilis pada Juni 2020 ini sudah mendapatkan lebih dari 5,4 juta jempol ke bawah dan di saat yang sama hanya mengumpulkan 2,3 juta like. Secara keseluruhan video musik yang dinyanyikan dua orang penyanyi asal Brasil ini telah ditonton sebanyak 104,6 juta kali.

10. Can this video get 1 million dislikes? — PewDiePie

Berbeda dari sembilan video lainnya, video di posisi terakhir ini justru dengan sengaja mengumpulkan banyak jempol ke bawah.

Begitulah yang dilakukan YouTuber PewDiePie. Ia mengunggah video ini pada Desember 2016 dan meminta subscriber-nya untuk memberikan satu juta dislike.

Permintaannya itu terpenuhi bahkan pendukungnya juga menghadiahkannya 4,14 juta dislike tambahan padanya.

Video berdurasi empat menit 54 detik itu sendiri telah ditonton sebanyak 22,8 juta kali dengan jumlah like mencapai 340 ribu.

Saat ini, YouTuber yang memiliki 108 juta subscriber ini tengah rehat dari aktivitas YouTube.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/03/18310097/10-video-yang-paling-banyak-dapat-dislike-di-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke