Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Banjir Video Call Saat Tahun Baru

Keluarga, sahabat, atau orang terkasih dihubungi lewat jalur digital. Banyaknya pengguna internet yang melakukan panggilan suara dan video pun membuat layanan Facebook, Instagram, dan Messenger mencetak rekor trafik saat pergantian tahun.

"Malam tahun baru secara historis adalah malam yang sibuk untuk layanan kami, tetapi tahun ini mencetak rekor baru," tulis Facebook dalam blog miliknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (04/01/2021).

Facebook mengumumkan bahwa WhatsApp kebanjiran 1,4 panggilan suara dan video saat tahun baru secara global, terbanyak yang pernah dicatat dalam satu hari. Angka tersebut juga meningkat 50 persen dibandingkan tahun baru sebelumnya.

Messenger, khususnya fitur group video call dengan lebih dari 3 orang di Amerika Serikat, mencetak rekor serupa. Trafik group video call melonjak hingga 2 kali lebih tinggi dibanding hari biasa.

Di momen yang sama, Facebook dan Instagram turut mencatat lebih dari 55 juta live broadcast secara gabungan di seluruh dunia.

Menurut Technical Program Manager Facebook Caitlin Banford, sebelum pandemi Covid-19, lonjakan trafik di Facebook kebanyakan berasal dari kiriman pesan, unggahan foto, dan social sharing di malam pergantian tahun.

Keadaan berubah drastis pada Maret 2020. Ketika itu pandemi mulai melanda dunia sehingga ikut mendongkrak trafik layanan-layanan Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/04/12010087/facebook-instagram-dan-whatsapp-banjir-video-call-saat-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke