Salin Artikel

App Store Catat Rekor Belanja Terbanyak Saat Tahun Baru 2021

KOMPAS.com - Momen Natal dan Tahun Baru 2021 nampaknya membawa berkah tersendiri bagi toko aplikasi milik Apple iOS, App Store. Pelanggan App Store di seluruh dunia menghabiskan 540 juta Dollar AS (sekitar Rp 7,5 triliun) pada Tahun Baru 2021.

Menurut Apple dalam sebuah laporan di situsnya, angka tersebut mencetak rekor belanja dengan nilai terbanyak dalam satu hari.

"Nilai belanja barang dan layanan digital selama Natal hingga Tahun Baru mencapai 1,8 miliar Dollar AS (sekitar Rp 25,2 triliun), sebagian besar didorong oleh pengeluaran untuk game," tulis Apple.

Tingginya nilai belanja konsumen di App Store itu tak lepas dari pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah.

Sejumlah aktivitas yang dilakukan diantaranya yaitu bermain game, belajar dan bekerja online, seta menonton streaming film atau serial TV.

Beberapa aplikasi yang populer di tahun 2020 juga didominasi oleh aplikasi yang mendukung gaya hidup di masa pandemi, seperti misalnya aplikasi video conference Zoom dan layanan streaming film Disney Plus.

Sementara, predikat sebagai aplikasi game terbaik di App Store pada tahun 2020 diraih oleh Game Role Playing Game (RPG), Genshin Impact.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple News Room, Jumat (8/1/2021), platform milik Apple lainnya juga berhasil menarik perhatian pengguna sepanjang tahun 2020, seperti Apple Music, Apple TV,  Apple News, Apple Arcade, Apple Books, dan Apple Podcast.

Pendapatan App Store sejak tahun 2008 hingga 2021 tercatat sudah lebih dari 200 miliar Dollar AS (sekitar Rp 2.812 triliun).

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/08/09090087/app-store-catat-rekor-belanja-terbanyak-saat-tahun-baru-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.