Salin Artikel

Samsung Kenalkan Robot Asisten Rumah Tangga Bot Handy

Di acara pameran elektronik terbesar itu, Samsung mengumumkan beberapa produk rumah tangga berbasis AI (kecerdasan buatan), yang disebut mampu meningkatkan pengalaman pengguna selama di rumah.

"Kami bekerja keras untuk menghadirkan inovasi generasi berikutnya, dengan AI sebagai penggerak utama, untuk hari esok yang lebih baik," jelas Sebastian Seung, President and Head of Samsung Research dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno.

Salah satu produk yang diperkenalkan adalah Samsung Bot Handy, robot asisten rumah tangga baru yang didukung teknologi kecerdasan buatan. Robot ini akan berguna untuk mengenali dan mengambil obyek dengan berbagai ukuran, bentuk, dan berat.

Sehingga, pengguna bisa memanfaatkanya untuk membantu pekerjaan rumah secara otomatis.

Samsung Bot Handy mampu membedakan komposisi bahan berbagai benda, menggunakan tingkat kekuatan cengkraman yang tepat untuk mengambil dan memindahkan barang-barang rumah tangga, dan membantu pekerjaan rumah lain, seperti membersihkan kamar yang berantakan atau memilah piring setelah makan.

Penyedot debu pintar

Selain itu, Samsung juga memperkenalkan penyedot debu bernama JetBot 90 AI Plus. Alat ini memanfaatkan teknologi pengenalan objek untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan objek untuk menentukan jalur pembersihan terbaik.

JetBot 90 AI Plus dilengkapi sensor LiDAR dan sensor 3D yang memungkinkannya terhindar dari kabel dan benda-benda kecil, ketika membersihkan sudut yang sulit dijangkau di rumah pengguna.

Penyedot debu ini dilengkapi oleh kamera dan terintegrasi dengan aplikasi SmartThings untuk membantu pengguna memantau rumah.

Samsung juga memperkenalkan Samsung Bot Care yang juga memanfaatkan AI untuk mengenali dan merespons perilaku pengguna.

Samsung Bot Care adalah asisten dan pendamping robotik, yang membantu menangani kegiatan sehari-hari. Alat ini juga akan mempelajari jadwal dan kebiasaan pengguna dan mengirimkan pengingat ke pengguna untuk membantu aktivitasnya sehari-hari.

Beberapa inovasi lainnya untuk produk elektronik, termasuk kulkas empat pintu, Bespoke 4-Door Flex. Kulkas ini memiliki panel yang bisa diganti.

Model 4-door terbaru mulai hadir di pasa Amerika Utara pada musim semi. Kulkas ini memiliki fitur Beverage Center baru yang memberikan akses cepat ke dispenser air dan water pitcher yang terisi otomatis.

Bespoke 4-Door Flex dilengkapi dengan Dual Auto Ice Maker yang menghasilkan es batu ukuran standar. Samsung juga memperkenalkan Micro LED 110 inci.

Layar ini memiliki LED inorganik yang bisa menyala sendiri (self-it). Mengusung desain Infinity Screen, layar ini sangat tipis dan nyaris tanpa bingkai.

Micro LED 110 inci juga memilii "4vue" (Quad View) atau opsi tampilan empat layar. Sehingga, pengguna bisa membagi layar menjadi empat bagian untuk menyaksikan beberapa acara sekaligus.

Ada pula SmartThings Cooking, layanan baru dari Samsung SmartThings yang dirancang untuk memudahkan aktivitas kuliner pengguna.

SmartThings Cooking memiliki Meal Planer otomatis yang memanfaatkan Food AI dari Whisk yang akan merekomendasikan makanan selama satu minggu ke depan.

AI juga akan membantu membuat daftar belanja bahan-bahan yang dibutuhkan dan terhubung otomatis ke penjual bahan makanan untuk proses belanja yang bisa dilakukan lewat kulkas Family Hub atau smartphone.

Resep dan petunjuk memasak juga akan dikirim ke parangkat memasak Samsung yang disinkronisasi. Terakhir, Samsung juga memperkenalkan Samsung Health Smart Trainer pada Samsung TV 2021 yang membantu pengguna menciptakan ruang gym pribadi di rumah.

Dilengkapi fitur Smart Trainer memonitor dan menganalisis postur tubuh secara real time, membantu menghitung repetisi ketika latihan, dan memperkirakan kalori yang terbakar.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/12/16015687/samsung-kenalkan-robot-asisten-rumah-tangga-bot-handy

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.