Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gojek dan Grab Harap Waspada, ShopeeFood Siap Ekspansi di Indonesia

Layanan ShopeeFood sendiri sudah dikenalkan di Indonesia sejak April 2020, dan juga sudah tersedia di Vietnam, setelah induk Shopee, Sea Group mengakuisisi perusahaan pesan-antar makanan di Hanoi, Vietnam, yakni Foody Corporation pada Agustus 2020.

Iklan Shopee Food juga sudah diunggah di kanal YouTube resmi Shopee Indonesia pada 10 Januari 2021.

Iklan tersebut bisa ditonton di tautan berikut ini. Dalam iklan itu, layanan Shopee Food nampaknya akan terpisah dari aplikasi utama Shopee dan bisa diunduh di toko aplikasi Play Store dan Apps Store.

Selain itu, pantauan KompasTekno, aplikasi ShopeeFood Driver yang akan dipakai oleh mitra Shopee Food, sudah bisa diunduh di Google Play Store.

Indikasi lainnya, Shopee Indonesia juga telah mengumumkan informasi prekrutan mitra kemudi untuk Shopee Food, di situs resmi mereka.

Dalam situs yang dimutakhirkan pada 25 November 2020 itu, lebih banyak memuat ketentuan hukum, persyaratan, serta kode etik untuk bergabung menjadi mitra pengemudi Shopee Food.

KompasTekno tengah berupaya meminta konfirmasi kepada Shopee tentang layanan ShopeeFood ini.

Namun hingga berita ini ditayangkan, Shopee Indonesia belum memberikan tanggapan.

Bisnis pesan-antar makanan di Indonesia memang cukup menggiurkan.

Menurut laporan e-Conomy SEA dari Google, Temasek, dan Bain & Company tahun lalu, layanan pesan-antar makanan mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020.

Di Indonesia, layanan pesan-antar makanan masih didominasi oleh Gojek dan Grab. Apabila nanti Shopee Food resmi diluncurkan, tak pelak akan menjadi pesaing baru dua perusahaan ride-hailing bewarna hijau itu.

Shopee juga akan menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang memiliki layanan pesan-antar makanan sendiri, apabila Shopee Food benar-benar diluncurkan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/14/09410017/gojek-dan-grab-harap-waspada-shopeefood-siap-ekspansi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke