Salin Artikel

Joe Biden Dilantik, Twitter Reset Akun Resmi Presiden AS

KOMPAS.com - Twitter menghapus (reset) seluruh twit akun @POTUS, beberapa saat setelah Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS), Rabu (20/1/2021) waktu setempat.

Pantauan KompasTekno, Kamis (21/1/2021), akun @POTUS kini memiliki 4 juta pengikut (followers) dan baru mengunggah beberapa twit.

Twit pertamanya, yang diunggah sekitar enam jam lalu, merupakan konfirmasi dari Biden bahwa ia akan pergi ke Kantor Oval untuk langsung bekerja melaksanakan tugasnya, meski baru beberapa jam dilantik.

Twit yang diunggah pada 15 Januari tersebut berisi konfirmasi bahwa akun @PresElectBiden akan berubah menjadi @POTUS pada saat Biden resmi dilantik. 

Akun @POTUS pada pemerintahan Trump sendiri dialih nama menjadi @POTUS45. Angka "45" tersebut memiliki arti Presiden ke-45 AS. Semua kicauan Donald Trump yang dan followers-nya diarsipkan di akun tersebut.

Pengguna yang mengikuti akun tersebut juga akan diberitahu lewat notifikasi bahwa akun @POTUS Trump sudah dialihkan.

Selain @POTUS, Twitter juga me-reset dan mengalihkan kepemilikan akun pemerintah AS lainnya, seperti akun Gedung Putih (@WhiteHouse), Wakil Presiden Kamala Harris (@VP), Istri Biden, Jill Biden @Flotus, dan Sekretaris Pers Kepresidenan, Jen Psaki (@PressSec).

Semua kicauan dan followers akun tersebut diarsipkan ke akun @WhiteHouse45, @VP45, @Flotus45, dan @PressSec45.

Twitter juga membuat akun resmi pemerintah AS baru untuk pertama kalinya yang bernama @SecondGentleman. Akun tersebut dipegang oleh suami dari Wakil Presiden Harris, Douglas Emhoff.

Adapun akun pribadi Biden masih sama, yaitu @JoeBiden. Akun tersebut telah mengunggah lebih dari 7.000 twit dan memiliki 25,3 juta followers. Sedangkan akun pribadi Trump, @realDonaldTrump, tampaknya masih diblokir oleh Twitter.

Berbeda dengan tahun lalu

Langkah Twitter yang mereset akun @Potus ini tampaknya berbeda dengan pada saat Trump dilantik menjadi Presiden AS beberapa tahun lalu.

Kala itu, akun @POTUS, unggahan dan followers-nya, tidak disetel ulang dan hanya dipindahtangankan saja dari Presiden sebelumnya, Barack Obama ke Trump.

Hal yang dilakukan Twitter saat ini ternyata berbeda dari Facebook dan YouTube. Alih-alih mereset, kedua platform ini "mewariskan" akun resmi pemerintahan yang sebelumnya dipegang oleh Trump ke pemerintahan Biden, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WashingtonPost, Kamis (21/1/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/21/10050037/joe-biden-dilantik-twitter-reset-akun-resmi-presiden-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.