Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Raup Pendapatan Terbesar Sepanjang Sejarah Berkat iPhone 12

Ini adalah rekor pendapatan terbesar sepanjang sejarah Apple, di mana perusahaan itu untuk pertama kalinya menembus revenue di atas 100 miliar dollar AS dalam satu kuartal.

Angka pendapatan tersebut juga lebih tinggi 21 persen dari jumlah 91,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.296 triliun yang tercatat di kuartal yang sama tahun sebelumnya (YoY). Salah satu pendongkrak utamanya adalah iPhone 12 yang diluncurkan pada Oktober 2020.

"Pendapatan iPhone naik 17 persen dari tahun ke tahun dengan permintaan lini iPhone 12 yang sangat kuat," kata Apple CFO, Luca Maestri.

Penjualan iPhone pada kuartal ini mencapai 65,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 924 triliun), meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 55,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 789,3 triliun).

Maestri mengatakan, model Pro dari lini iPhone 12 adalah yang cukup banyak peminatnya sehingga Apple berusaha memenuhi tingginya permintaan dengan meningkatkan pasokan.

"Kami mengalami beberapa kendala pasokan pada kuartal Desember dan kami rasa bisa mengatasinya selama kuartal bulan Maret," kata Maestri, dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Kamis (28/1/2021).

Penjualan iPhone mengungguli produk Apple lainnya. Penjualan Mac misalnya, periode ini mencapai 8,6 miliar dollar AS (Rp 121,4 triliun) dibanding periode yang sama tahun 2019 yang mencapai 7,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 100 triliun).

Lalu penjualan iPad mencapai 8,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 118,4 triliun), meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 7,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 100 triliun).

Maestri mengatakan, pada kuartal bulan Desember, hampir setiap kategori produk Apple mengalami pertumbuhan dua digit. Di situsnya, Apple menyebutkan bahwa kategori iPhone, Wearables, dan Services masing-masing turut menorehkan rekor pendapatan terbesar.

iPhone masih menyumbang sebagian besar pendapatan Apple dengan kontribusi sebesar 59 persen.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/28/18510037/apple-raup-pendapatan-terbesar-sepanjang-sejarah-berkat-iphone-12

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke