Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Pengganti PUBG Mobile Resmi Dirilis di India

Game action itu sudah dapat diunduh secara gratis melalui toko aplikasi Google Play Store. Untuk sementara, FAU-G hanya tersedia untuk perangkat Android saja. Kabarnya akan game ini akan menyusul ke App Store dalam beberapa bulan ke depan.

Meski tergolong sebagai game baru, namun FAU-G sukses menuai antusiasme yang besar khususnya dari para pemain India.

Bahkan pada hari peluncuran perdananya, game ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pemain dan mendapatkan rating sebanyak 3,9 di Google Play Store.

Tingginya angka tersebut disebabkan lantaran game PUBG Mobile yang kembali diblokir di India. Belakangan ini, Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India (MetY) resmi memblokir permanen 59 aplikasi buatan China, termasuk WeChat, TikTok, dan PUBG Mobile.

Pihak PUBG Mobile sendiri telah berusaha memperbaiki situasi dengan meluncurkan vesi baru khusus pengguna India, yang diumumkan pada November 2020.

Mereka bahkan mempekerjakan sejumlah karyawan baru asal India. Kendati demikian, MeitY tetap tidak memberikan izin untuk peluncuran ulang. Belum diketahui kapan PUBG Mobile akan hadir kembali di India, kalaupun dibolehkan.

Beda genre

Meski hadir sebagai pengganti game PUBG Mobile, namun FAU-G mengusung genre yang berbeda. PUBG Mobile merupakan game battle royale, sementara FAU-G adalah game action.

FAU-G saat ini hanya memiliki satu mode (campaign mode). Mode ini menceritakan kisah prajurit India yang tengah berada di lembah Galwan, tempat terjadinya bentrokan antara angkatan bersenjata India dan China.

Di dalam game, karakter tidak dilengkapi dengan senjata api. Untuk mengalahkan pasukan musuh, pemain terpaksa harus mengandalkan berbagai senjata jarak dekat seperti gada dan kapak.

Awalnya, FAU-G direncanakan meluncur pada November 2020. Namun setelah mengalami beberapa penundaan, game ini akhirnya resmi meluncur pada 26 Januari kemarin.

Jauh sebelum diluncurkan, FAU-G sudah berhasil mencuri perhatian pemain India. Sebanyak 4 juta pemain dilaporkan telah melakukan pra-pendaftaran (pre-registrations) sebelum game benar-benar resmi diluncurkan.

Hal ini disebabkan karena FAU-G turut dipopulerkan oleh aktor film terkenal Akshay Kumar dalam kampanye "Atmanirbhar Bharat" yang diadakan oleh Pemerintah India.

Dihimpun KompasTekno dari Digit, Kamis (28/1/2021), sebanyak 20 persen dari pendapatan yang dihasilkan dari FAU-G bakal disumbangkan nCore Games ke Bharat Ke Veer Trust, sebagai bentuk penggalangan dana pemerintah untuk anggota angkatan bersenjata India.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/29/08030057/game-pengganti-pubg-mobile-resmi-dirilis-di-india

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke