Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Xiaomi Batalkan Transaksi Poco M3 hingga Hoaks Status WhatsApp

Kabar mengejutkan juga datang dari Xiaomi Indonesia yang mendadak membatalkan sejumlah transaksi flash sale Poco M3 di Lazada yang diklaim senilai miliaran rupiah.

Tak ketinggalan beberapa informasi seputar fitur baru WhatsApp dan hoaks yang beredar mengenai Status WhatsApp.

Penasaran informasi selengkapnya? Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler selama sepekan di Kompas Tekno edisi 24-31 Januari 2021.

1. Operator Switch tutup

Belum genap setahun beroperasi, Smartfren menutup layanan operator digital Switch Mobile. Pengumuman penutupan sudah diinformasikan kepada pengguna sejak Desember 2020 lalu.

Pengguna Switch akan dialihkan ke jaringan operator seluler Smartfren. Proses migrasi akan berlangsung mulai 27 Januari 2021 pukul 09.00 WIB.

Apa alasan Smartfren menutup Swicth dan bagaimana proses migrasinya? Baca selengkapnya di sini, Operator Seluler Digital Switch Tutup Layanan

2. iOS versi terbaru

Apple mulai merilis pembaruan iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 ke pengguna iPhone dan iPad di seluruh dunia. Dalam pembaruan ini, Apple menyisipkan sejumlah fitur baru dan penambal untuk memperbaiki bug.

Seperti fitur kamera yang mampu digunakan untuk membaca QR Code berukuran kecil. iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 juga menyertakan pengaturan untuk menentukan jenis perangkat audio pihak ketiga yang terhubung dengan Bluetooth.

Apa saja fitur baru yang dibawa iOS 14.4 dan iPadOS 14.4? Selengkapnya ada di tautan berikut.

3. WhatsApp wajibkan fitur keamanan ini

WhatsApp kembali merilis fitur keamanan baru untuk WhatsApp web dan desktop. Pengguna kini diwajibkan untuk memindai wajah dan sidik jari ketika login ke WhatsApp web atau desktop.

Selama ini, pengguna hanya diminta untuk memindai QR code saja. Fitur ini akan hadir segera bagi pengguan WhatsApp web dan desktop.

Ingin tahu bagaimana caranya dan apakah fitur ini aman bagi pengguna? Baca selengkapnya di sini, WhatsApp Versi Desktop dan Web Kini Wajib Pakai Fitur Keamanan Ini

4. Saham GameStop naik drastis

Nilai sahal Gamestop (GME) yang terdaftar di bursa saham New York (NYSE) terus meroket hingga rekor tertinggi.

Pada pembukaan perdagangan, Rabu (27/1/2021), harga saham GME tercatat di angka 327 dolar AS, meningkat dari dolar AS pada penutupan hari sebelumnya.

Beberapa jam setelah pembukaan yang disertai dengan sedikit fluktuasi pasar, saham GME menyentuh rekor tertinggi perusahaan dengan angka 371 dolar AS.

Apa yang mendorong kenaikan nilai saham Gamestop? Ulasan lengkapnya bisa dibaca di tautan ini, Saham GameStop Naik Drastis dan Catat Rekor Baru, Apa Pemicunya?

5. Xiaomi batalkan transaksi Poco M3 di Lazada

Xiaomi Indonesia mendadak membatalkan sejumlah transaksi pembelian Poco M3 yang digelar Lazada lewat program flash sale 26 Januari 2021 lalu. Nilai transaksi tesebut diklaim mencapai angka miliaran rupiah.

Banyak pembeli tulen (bukan tengkulak) yang kecewa karena terdampak pembatalan transaksi ini. Bahkan, seorang YouTuber juga ikut kenda pembatalan transaksi. Xiaomi Indonesia telah menanggapi pembatalan transaksi ini.

Apa alasan Xiaomi membatalkan transaksi Poco M3 di Lazada dan bagaimana respons para pembeli? Selengkapnya bisa dibaca di sini, Xiaomi Indonesia Batalkan Transaksi Pembelian Poco M3 di Flash Sale Lazada

  • Pembatalan Transaksi Poco M3 Ramai Dikeluhkan
  • YouTuber Juga Kena Pembatalan Flash Sale Poco M3, Ini Respons Xiaomi
  • Sistem Flash Sale dan Otomatis COD di Balik Insiden Penjualan Poco M3
  • Penjualan Ponsel Xiaomi Digelar, Pembeli Bukan Tengkulak Kembali Tidak Kebagian

6. WhatsApp muncul di Status pengguna

Pengguna WhatsApp dikejutkan dengan Status yang dibuat perusahaan aplikasi pesan instan itu. Ini adalah kali pertama WhatsApp menggunakan fitur Status untuk memberikan informasi terbaru.

Biasanya, WhatsApp Status hanya muncul setelah akun pengguna pertama kali dibuat. Dalam Statusnya, WhatsApp memberikan beberapa informasi kepada pengguna terkait keamanan privasi.

Apa saja isi lengkap Status WhatsApp dan bagaimana respons pengguna? Selengkapnya bisa disimak di tautan berikut, WhatsApp Mendadak Muncul di Status Pengguna, Apa Isinya?

7. Status WhatsApp curi rekening bank?

Sebuah pesan berantai beredar di kalangan penguna WhatsApp yang menyebut Status yang diunggah WhatsApp adalah jebakan yang dibuat oleh scammer untuk mengambil alih rekening bank online pengguna.

Kabar itu merebak lewat tangkapan layar yang memperlihatkan sebuah posting unggahan seorang warga Malaysia di Facebook. Pesan tersebut berbunyi apabila pengguna membuka Status unggahan WhatsApp, kemungkinan data akun bank dan data pribadi akan dipindahkan.

Benarkah demikian atau hanya hoaks belaka? Selengkapnya bisa disimak di tautan berikut, Status Resmi WhatsApp Dikabarkan Bisa Curi Rekening Bank, Benar atau Hoaks?

8. Chat di WhatsApp Bisa Ditransfer ke Telegram

Telegram merilis pembaruan dengan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah fitur yang memudahkan pengguna aplikasi pesan instan lain termasuk WhatsApp untuk memindahkan riwayat chat ke Telegram.

Ini adalah strategi baru Telegram untuk memanfaatkan kisruh kebijakan privasi WhatsApp yang membuat banyak penggunanya beralih ke aplikasi pesan instan lain seperti Telegram dan Signal.

Telegram mengatakan bahwa fitur baru ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya di tautan berikut, Isi Chat di WhatsApp Kini Bisa Dipindahkan ke Telegram, Begini Caranya

9. Penguasa pasar smartphone

Firma riset IDC kembali merilis laporan terbaru pangsa pasar smartphone global berdasarkan shipment (pengiriman) untuk kuartal IV-2020.  Secara keseluruhan, penguasa smartphone global masih didominasi vendor asal China.

Pemuncak posisi juga berganti, kini Apple giliran merajai smartphone global. Apple berhasil menggeser kedudukan Samsung yang mendominasi pasar smartphone global selama beberapa kuartal terakhir.

Lantas, seberapa besar pangsa pasar Apple sehingga bisa menggeser Samsung dan siapa saja yang menghuni lima besar peguasa smartphone global di kuartal IV-2020? Daftar dan ulasan lengkapnya bisa dibaca di sini, 5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Global Kuartal IV-2020

10. Xiaomi perkenalkan pengisian baterai lewat udara

Xiaomi membuat gebrakan baru dengan memperkenalkan Mi Air Charge, teknologi pengisi daya nirkabel baru. Berbeda dengan pengisi daya nirkabel yang beredar selama ini, Mi Air Charge bisa mengisi daya secara wireless dari jarak yang relatif jauh.

Dengan Mi Air Charge, pengguna tidak perlu meletakan ponsel di charging pad. Mi Air Charger akan bisa digunakan mengisi baterai semua perangkat di dalam rumah, seperti smartwatch atau wearable device lain, sehingga pengguna sepenuhnya terbebas dari kabel.

Bagaimana cara kerjanya dan berapa watt daya yang dialirkan? Informasinya bisa dilihat di tautan berikut, Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Baterai lewat Udara

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/31/11110047/populer-tekno-xiaomi-batalkan-transaksi-poco-m3-hingga-hoaks-status-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke