Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Ungkap Cara Aplikasi Diam-diam Mengumpulkan Data Pengguna

Secara garis besar, dokumen ini berisi penjelasan bahwa perusahaan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook mampu melacak semua data pengguna melalui aplikasi dan web mereka.

Apple mengklaim bahwa terdapat sekitar enam jenis pelacak data yang disisipkan di dalam sebuah aplikasi. Pelacak ini sengaja ditanamkan dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi pribadi pengguna, mulai dari lokasi hingga kebiasaan belanja.

Data yang telah dikumpulkan tadi kemudian disatukan, dibagikan, diagregasi, dan dimonetasi. Industri pengolahan data ini diperkirakan bernilai setidaknya 227 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.177 triliun) per tahun.

A Day in the Life of Your Data pun mengungkap bahwa informasi pribadi dikumpulkan dari aktivitas sehari-hari, seringkali secara diam-diam dan tidak disadari oleh pengguna gadget yang bersangkutan.

Misalnya, seperti ketika pengguna sedang mengambil gambar selfie. Ketika foto disunting menggunakan filter yang tersedia dalam sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut memiliki akses untuk membuka semua gambar dan metadata yang terlampir di dalam galeri.

Lalu jika foto tersebut diunggah di media sosial, maka aplikasi tersebut akan menghubungkan aktivitas online pengguna dengan sekumpulan data tambahan yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh aplikasi lain seperti informasi demografs dan nomor telepon.

Hasil akhirnya adalah iklan yang disodorkan dengan tepat sasaran ke pengguna secara spesifik. Seorang ayah yang diketahui memiliki anak kecil dari rangkaian data, misalnya, bakal disasar oleh iklan-iklan mainan yang dijual oleh toko di kota tempat tinggalnya. 

Melalui A Day in the Life of Your Data, Apple juga menjelaskan berbagai kebijakan yang telah diterapkan oleh perusahaan dalam beberapa tahun terakhir untuk melindungi privasi dan data pengguna.

Belakangan, upaya Apple tersebut diketahui memantik konflik dengan Facebook selaku salah satu pembuat aplikasi pihak ketiga yang bisnis utamanya (iklan) bergantung dari pengumpulan data pengguna.

Salah satu hal yang menjadi poin keberatan Facebook adalah rencana Apple mengharuskan aplikasi meminta izin terlebih dahulu sebelum mulai mengumpulkan data.

Dengan kata lain, aplikasi-aplikasi pihak ketiga tidak bisa lagi diam-diam mengumpulkan data tanpa disadari pengguna. Menurut Facebook, hal ini bisa mengurangi pendapatan pengiklan hingga 50 persen.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/01/19020017/apple-ungkap-cara-aplikasi-diam-diam-mengumpulkan-data-pengguna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke