Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modem 5G MediaTek M80 Dukung MmWave dan Sub-6GHz Sekaligus

Modem bernama MediaTek M80 ini digadang-gadang akan menjadi solusi 5G yang lebih terjangkau untuk ponsel-ponsel kelas menengah ke atas.

Dengan mendukung dua tipe koneksi 5G, maka pengguna ponsel dengan modem M80 bisa beralih dari satu tipe koneksi ke yang lainnya, jika salah satunya tidak tersedia.

Kecepatan downlik maksimal yang diklaim MediaTek untuk modem M80 ini mencapai 7,67 Gbps. Sementara kecepatan uplink maksimalnya diklaim mencapai 3,76 Gbps.

MediaTek M80 mendukung dual 5G SIM, dual 5G NSA (Non Standalone) dan SA (Standalone), dan dual Voice over New Radio (VoNR).

Chip ini juga menggunakan teknologi UltraSave untuk menghemat daya baterai perangkat. sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi MediaTek, Rabu (3/2/2021).

"Modem 5G baru MediaTek mendukung jaringan sub-6 GHz dan mmWave agar pabrikan perangkat lebih fleksibel dalam memilih," ujar JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager Wireless Communications Business Unit.

MediaTek mengumumkan ponsel dengan modem M80 bakal mulai hadir di pasaran pada tahun ini, tapi jadwal pastinya belum diungkap. Selain ponsel, modem ini juga bisa dipasang di PC, Mi-Fi, broadband customer premise equipment (CPE), dan perangkat IoT industri.

Saat ini, negara-negara yang sudah menggelar jaringan seluler 5G menggunakan dua jenis koneksi,  yakni mmWave dan sub-6GHz tadi.

Koneksi mmWave menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, namun jangkauannya pendek. Sebaliknya, jenis koneksi Sub-6GHz menawarkan keunggulan jangkauan yang luas, namun kecepatannya lebih lambat dari mmWave -meskipun masih lebih kencang dari 4G LTE.

MediaTek bukan pabrikan chip pertama yang membuat modem dengan dua dukungan koneksi 5G dalam satu chip tunggal.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/03/09020067/modem-5g-mediatek-m80-dukung-mmwave-dan-sub-6ghz-sekaligus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke