Salin Artikel

15 Perusahaan Selain Amazon yang Dimiliki Jeff Bezos

Bezos mendirikan Amazon pada 1994 silam sebagai sebuah toko buku online. Sejak menjabat sebagai CEO Amazon pada 1996, Amazon telah bertransformasi sedemikian rupa.

Amazon kini sudah memiliki berbagai aneka layanan, mulai dari e-commerce, komputasi awan melalui Amazon Web Service (AWS), streaming video melalui Amazon Prime, hingga kecerdasan buatan.

Berkat Amazon, nama Bezos juga konsisten masuk dalam daftar orang paling kaya dunia, sejak lima tahun terakhir.

Menurut data The Real-Time Billionaires List yang dipublikasi Forbes, Jeff Bezos tercatat memiliki harta kekayaan bersih mencapai 196,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.747,2 triliun).

Bahkan pada pertengahan 2020 lalu, kekayaannya sempat mencapai angka 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.940 triliun.

Amazon memang menjadi sumber pendapatan utama Bezos. Namun, ternyata sembari melebarkan sayap Amazon, Bezos juga kerap membeli sejumlah perusahaan lain.

Bezos tercatat memiliki 15 perusahaan lain, termasuk perusahaan roket, robotika, supermarket, surat kabar, e-commerce, hingga situs kupon.

Berikut daftar lengkap 15 perusahaan milik Bezos, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets Now, Rabu (3/2/2021).

Zappos

Pada 2009, Bezos mengakuisisi situs web pakaian dan alas kaki, Zappos. Perusahaan ini didirikan pada 1999 oleh Nick Swinmurn dan diluncurkan dengan nama domain Shoesite.com.

Pada Juli 2009, Amazon mengakuisisi Zappos dengan membeli semua saham senilai sekitar 1,2 miliar dollar AS pada saat itu.

Zappos menjadi anak perusahaan Amazon yang berfokus pada penjualan pakaian dan alas kaki di situs Zappos.com. Kendati sudah diakuisisi Amazon, Zappos tetap beroperasidengan mereknya sendiri hingga saat ini.

Elemental Tech

Layanan komputasi awan Amazon Web Service (AWS) juga mengakuisisi perusahaan software bernama Elemental Tech pada 2015 silam.

Kini, perusahaan tersebut berganti nama menjadi AWS Elemental. AWS Elemental diklaim mempelopori penggunaan video berbasis software untuk mendistribusikan dan memonetisasi video melalui alamat IP.

Kantor AWS Elemental juga sudah tersebar di berbagai wilayah, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Singapura, Jepang, hingga India.

Souq.com

Pada Maret 2017, Amazon mengakuisisi e-commerce yang berbasis di Dubai, Souq.com. Souq.com adalah e-commerce terbesar berbahasa Inggris-Arab.

Akuisisi ini menjadi langkah awal Amazon dalam mengekspansi bisnisnya di wilayah Timur Tengah.

Souq.com dilaporkan telah menjual lebih dari 8.4 juta produk dalam 31 kategori, termasuk elektronik, fashion, kesehatan dan kecantikan, hingga barang-barang rumah tangga. E-commerce itu lantas dikenal sebagai "Amazon di Timur Tengah".

Nama perusahaan ini mengacu pada planet biru (blue) yakni Bumi yang menjadi titik asal (origin).

Perusahaan ini pernah menjadi pemasok mesin roket untuk bberapa pihak. Pada 2015, Blue Origin mengumumkan rencana untuk juga memproduksi dan menerbangkan kendaraan peluncur orbitalnya sendiri.

Pada Mei 2019 lalu, Bezos mengungkapkan visi Blue Origin untuk luar angkasa serta rencana pendaratan di bulan yang dikenal sebagai "Blue Moon" yang akan siap pada tahun 2024.

The Washington Post

Bezos ternyata juga merupakan pemilik dari koran berusia lebih dari 140 tahun, The Washington Post.

Kali ini, Bezos tidak membeli surat kabar tersebut melalui Amazon. Nash Holdings, sebuah perusahaan swasta milik Bezos, membeli The Washington Post pada Agustus 2013 seharga 250 juta dollar AS (sekitar Rp 3,5 triliun).

Whole Foods

Whole Foods Market, Inc. adalah jaringan supermarket multinasional yang berkantor pusat di Austin, Texas, Amerika Serikat. Toko ini menjual produk makanan yang bebas dari pewarna, perasa, dan pengawet buatan.

Pada 2016, Bezos juga mengakuisisi jaringan supermarket Whole Foods seharga 13,7 miliar dollar AS (kira-kira (Rp 191,8 triliun).

Whole Foods tetap beroperasi secara mandiri. Namun, Amazon memasukkan berbagai layanannya pada produk-produk Whole Foods, misalnya dengan menawarkan diskon, pengiriman barang dua jam gratis di beberapa lokasi Whole Foods, dan sebagainya.

Whole Foods tercatat memiliki 500 toko di Amerika Utara dan tujuh di Inggris pada Maret 2019 lalu.

IMDb

Website sumber informasi tentang konten film dan TV, IMDb, ternyata juga dimilik oleh Bezos. Pada 1998, Bezos membeli IMDb senilai 55 juta dollar AS (sekitar Rp 770,2 miliar). Amazon.com memanfaatkan IMDb sebagai sumber iklan untuk menjual DVD dan kaset video.

IMDb atau juga dikenal sebagai Internet Movie Database, kini memiliki lebih dari 250 item data. Jumlah tersebut termasuk lebih dari 4 juta film, TV, dan program hiburan.

Kiva Systems

Melalui Amazon, Bezos juga membeli perusahaaan robotik bernama Kiva Systems pada 2012. Perusahaan tersebut dibeli Amazon seharga 775 juta dollar AS (kira-kira Rp 10,8 triliun). Setelah diambil alih Amazon, perusahaan ini berubah nama menjadi Amazon Robotics.

Amazon menggunakan robot-robot tersebut untuk membawa paket dari pusat logistik dan gudang Amazon. Pada Juni 2019, Amazon memiliki lebih dari 200.000 robot yang bekerja di gudang mereka.

Alexa Internet

Pada 1999, Amazon mengakuisisi situs informasi dan analisis website, Alexa Internet. Alexa menyediakan data lalu lintas (traffic) web, peringkat global, dan informasi lainnya di lebih dari 30 juta situs web yang ada.

Pada tahun 2020, situs Alexa dilaporkan sudah dikunjungi oleh lebih dari 420 juta orang setiap bulan.

Digital Photography Review

Situs Digital Photography Review atau yang dikenal dengan DPReview diklaim sebagai salah satu situs fotografi digital populer di dunia.

Amazon mengakuisisi situs web tersebut pada tahun 2017. Situs web tersebut menyediakan beragam konten tentang kamera digital, lensa, aksesori, panduan pembelian, ulasan pengguna, hingga forum terbuka untuk komunitas fotografi.

Fabric.com

Fabric.com juga merupakan perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 sebagai distributor grosir kain pakaian.

Situs Fabric.com sendiri baru diluncurkan pada tahun 1999. Kemudian pada 2008, Amazon membeli toko kain online ini.

Woot.com

Bezos juga mengakusisi situs Woot.com pada akhir Juni 2010. Woot.com adalah situs daily deals yang berbasis di Dallas Carrollton, Texas, Amerika Serikat.

Awalnya, Woot hanya menawarkan diskon untuk satu produk per hari. Namun, saat ini Woot menawarkan diskon harian khusus dalam waktu terbatas untuk tujuh kategori lain, termasuk komputer, elektronik, rumah, dan barang olahraga.

Goodreads

Pencinta buku pasti tahu situs ini. Pada 2013, Bezos melalui Amazon juga mengakuisisi situs web, Goodreads.

Goodreads menyediakan berbagai rekomendasi buku dan forum untuk para pengemar buku. Situs ini diklaim memiliki 65 juta anggota.

Situs ini menawarkan layanan live streaming game, termasuk siaran kompetisi e-sports.

Pada 2015, Twitch dilaporkan memiliki lebih dari 100 juta penonton per bulan.

Twitch tercatat memiliki lebih dari 27.000 channel pada Mei 2018. Sedangkan pada Februari 2020, Twitch dikabarkan memiliki 3 juta streamer bulanan dan 15 juta pengguna aktif harian.

Audible

Pada 2008, Bezos juga membeli Audible, perusahaan yang menyediakan layanan buku audio dan hiburan.

Audible menjual buku audio digital, program radio dan TV, serta versi audio dari majalah dan surat kabar seperti The New York Times.

Pada November 2017, Audible mengklaim pelanggannya telah mendengarkan lebih dari satu miliar jam konten sepanjang tahun tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/03/17410057/15-perusahaan-selain-amazon-yang-dimiliki-jeff-bezos-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.