Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Koneksi 5G di Oppo Reno5 Dikunci, Bagaimana Kalau Dibawa ke Luar Negeri?

Kendati demikian, jaringan 5G dalam Oppo Reno5 masih dikunci, karena saat ini jaringan internet generasi kelima itu belum resmi digelar di Indonesia. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia.

"Ya, ini salah satu yang diminta langsung oleh Kementerian Kominfo, 5G sementara akan dikunci," kata Aryo dalam acara talkshow yang disiarkan secara online, Kamis (4/2/2021).

Aryo mengatakan, Reno5 5G akan berjalan di jaringan 4G untuk saat ini, sebagaimana ponsel 5G yang hadir di Indonesia lainnya. Namun apabila nanti 5G sudah resmi digelar di Indonesia, pengguna bisa langsung mengakses jaringan 5G dengan Reno5 5G.

Lantas bagaimana jika pengguna ingin membawa ponsel Reno5 5G ini ke luar negeri, yang sudah tersedia jaringan 5G-nya?

Jika ingin membawa ponsel ini ke luar negeri, Aryo mengungkapkan, pemilik Reno5 5G tidak perlu merasa khawatir. Lantaran fitur 5G hanya dikunci untuk wilayah Indonesia saja.

"Sifatnya local-locked saja," tegas Aryo.

Ketika pengguna ingin membawa Oppo Reno5 5G ke luar negeri, dan ingin menikmati jaringan 5G, fitur 5G akan langsung tersedia.

Aryo mengungkapkan, opsi 5G akan tersedia tanpa perlu diaktifkan melalui customer service (CS). Pengguna tinggal memilih jaringan 5G dari perangkat.

"Tidak perlu ke CS, tinggal beli SIM card luar negeri saja, opsi 5G akan terbuka," kata Aryo.

Menunggu Pemerintah Indonesia

Sedangkan di Indonesia, pemilik Reno5 5G di harus menunggu lebih lama lagi untuk menikmati kemampuan internet generasi kelima itu.

Hal ini mengingat pemerintah Indonesia belum menetapkan frekuensi mana yang akan dipakai untuk menggelar jaringan 5G.

Aryo mengungkapkan, Oppo sebagai vendor smartphone sebenarnya 100 persen siap ikut andil dan berkolaborasi dengan pihak lain untuk membangun ekosistem 5G di Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong di acara yang sama.

Menurut Shenedy, dari segi operator, perangkat, dan teknologi, sebenarnya sudah siap semua mendukung internet generasi kelima.

"Yang belum siap itu regulasi dan spektrum untuk menggelar 5G di indonesia," lanjut Shennedy dalam kesempatan yang sama.

"Ketika spektrum sudah ditetapkan pemerintah, kami bertiga siap mendukung," kata Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukaca Purwokardjono Sukaca yang juga hadir dalam acara.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/04/13210027/koneksi-5g-di-oppo-reno5-dikunci-bagaimana-kalau-dibawa-ke-luar-negeri-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke