Salin Artikel

Video TikTok Kini Bisa Ditonton di Android TV dan Chromecast

Dari sejumlah laporan, sebagian pengguna di beberapa negara, seperti di Australia dan Inggris, sudah bisa memasang aplikasi tersebut di Android TV mereka masing-masing. Namun, tampaknya belum merata untuk semua pengguna.

Meski masih belum dapat digunakan secara merata oleh semua pengguna, sejumlah laporan tersebut mengumbar beberapa gambar tampilan aplikasi TikTok di Android TV.

Sekilas, tampilan TikTok di TV serupa dengan smartphone. Pada saat membuka aplikasi tersebut, misalnya, pengguna bakal disodorkan dengan satu video TikTok secara acak yang dikurasi dalam kategori "For You".

Pengguna juga bisa melihat berbagai konten di kategori lainnya, seperti "Following", "Comedy", "Beauty & Fashion", "Sports", "Animals", dan lain sebagainya, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Sementara tombol atas dan bawah dapat digunakan untuk beberapa fungsi, seperti menyukai, mengomentari, melihat komentar video, mengakses profil TikTok sang pengunggah konten, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan login ke dalam akun TikTok di Android TV, pengguna cukup menekan tombol atas pada remote control dan memasukkan kode yang akan muncul di halaman tiktok.com/activate.

Pengguna juga bisa login dengan memindai kode QR yang ada di TV melalui aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone masing-masing, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Kamis (4/2/2021).

Perlu dicatat, video yang diunggah di TikTok sendiri sejatinya berformar vertikal (portrait).

Sehingga, apabila ditampilkan di aplikasi TikTok versi Android TV yang notabene mengusung tampilan landscape, maka video akan diletakkan tepat di tengah layar TV. 

Ada pun sisi kanan dan kiri video bakal diisi dengan background video terkait yang diburamkan, seperti ilustrasi gambar di atas.

Indonesia belum kebagian

Indonesia sendiri tampaknya belum kebagian. Pasalnya, pantauan KompasTekno di halaman Google Play Store, Kamis (4/2/2021), aplikasi ini belum bisa dipasang di perangkat Android TV yang kami gunakan.

Hal serupa juga dialami oleh sejumlah pengguna di Amerika Serikat. Beberapa laporan mengklaim bahwa TikTok belum bisa dipasang, baik itu di Android TV maupun Google Chromecast.

Belum diketahui kapan aplikasi TikTok bakal tersedia bagi pengguna Android TV dan Google Chromecast secara merata. Kemungkinan besar dalam waktu dekat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/04/15420007/video-tiktok-kini-bisa-ditonton-di-android-tv-dan-chromecast

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.