Salin Artikel

Benarkah Kamera Galaxy S21 Ultra Memalsukan Foto Bulan?

KOMPAS.com - Sebagai varian tertinggi di keluarga Galaxy S21, Samsung membekali Galaxy S21 Ultra dengan keunggulan tersendiri, terutama di sektor kamera.

Salah satu kamera Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi 108 megapiksel (MP) dan dibekali dengan dua kamera telefoto 10 MP, yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Selain itu, kamera Galaxy S21 Ultra juga dibekali dengan fitur zooming digital hingga 100x atau disebut Samsung sebagai "Space Zoom". Lewat fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang detil saat memotret bulan.

Sejumlah ulasan Galaxy S21 Ultra memang menampilkan foto bulan yang terlihat mengesankan. Satelit Bumi itu tampak jernih, lengkap dengan detil-detil kawah di permukaannya.

Penggabungan gambar ini konon dilakukan dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) khusus sehingga hasilnya seolah asli. Tudingan itu mirip dengan yang dilontarkan kepada Huawei P30 Pro pada 2019 lalu.

Benarkah Galaxy S21 Ultra memalsukan foto bulan? Input Mag mencoba menemukan jawabannya dengan melakukan sebuah penelusuran dan meminta bantuan sejumlah tokoh terkenal di dunia gadget.

Sebagian dari mereka berpendapat bahwa foto bulan Galaxy S21 Ultra asli karena ponsel tidak "tertipu" menempelkan gambar di benda-benda yang sengaja dibuat agar mirip bulan. Setelah dibongkar, aplikasi kamera Galaxy S21 Ultra juga tidak memuat gambar bulan.

Namun, ada juga yang beranggapan sebaliknya, bahwa Galaxy S21 Ultra paling tidak sengaja memoles foto bulan agar tampak lebih bagus dari hasil jepretan sebenarnya.

Input Mag akhirnya melakukan percobaan sendiri dengan membandingkan foto bulan yang dijepret Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless 42 MP Sony A7R Mark III yang dipasangi lensa super telephoto 600 mm.

Samsung ikut ditanyai mengenai tudingan foto bulan palsu tersebut. Seorang juru bicara menanggapi dengan mengatakan bahwa Galaxy S21 Ultra sanggup mendeteksi apabila pengguna hendak memotret bulan.

Ponsel kemudian akan menyesuaikan tingkat exposure agar tak terlalu terang, sehingga bisa menangkap detil permukaan bulan.

"Di bawah skenario ini, kamera akan menggunakan algoritma deep AI untuk meningkatkan detil dan merestorasi tekstur. Berdasarkan hal tersebut, tidak ada penggantian foto yang dilakukan," ujar sang juru bicara.

Sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno, Kamis (4/2/2021), hasil penelusuran Input Mag selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/05/08020067/benarkah-kamera-galaxy-s21-ultra-memalsukan-foto-bulan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.