Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kejadian Lagi, Harga Dogecoin Naik Dipicu Twit Elon Musk

Betapa tidak, apapun yang dikicaukannya di Twitter melalui handle @elonmusk, popularitasnya selalu mendadak naik diikuti nilai saham yang ikut meroket.

Paling baru adalah mata uang kripto Dogecoin yang harganya mendadak naik setelah twit Elon Musk.

Harga Dogecoin naik 35 persen setelah CEO Tesla dan SpaceX itu menuliskan beberapa twit tentang Dogecoin. Dalam waktu 24 jam, harga Digecoin melesat dari 0,048356 dolar AS ke 0,065448 dolar AS, kenaikan paling tinggi yang pernah dialami Dogecoin.

Namun, harga Digecoin sempat turun sebelum naik lagi sebesar 25 persen. Kini, harga Dogecoin berada di angka 0,067544 dolar AS, naik 13,48 persen ketika berita ini ditulis, melansir dari laman CoinDesk.

Imbal balik year-to-date (YTD return) Dogecoin sekitar 1.032,91 persen. Pada Minggu (7/2/2021) pagi, kapitalisasi pasar Dogecoin mencapai 7,81 miliar dolar AS atau sekitar 109,3 triliun (kurs Rp 14.009).

Kenaikan itu terjadi setelah pada Sabtu (6/2/2021) malam saat Musk melempar polling kepada lebih dari 46 juta pengikutnya (follower) di Twitter. Mereka diberi pilihan mana mata uang Bumi di masa depan, antara "Dogecoin to the Moooonn" atau "gabungan semua kripto".

Pilihan pertama jadi yang paling banyak dipilih dengan total suara sebesar 71,3 persen. Twit itu lantas di-retweet olehnya dengan komentar "masyarakat telah bersabda".

Kemudian, Musk mengunggah twit bertuliskan "Dogecoin adalah mata uang kripto masyarakat" di hari yang sama.

Dia juga sempat mengunggah meme dengan ilustrasi adegan ikonik film "The Lion King", di mana karakter Rafiki yang diubah dengan wajah Musk, mengangkat Simba kecil yang diganti menjadi seekor anjing.

Anjing sendiri merupakan logo dari Dogecoin. Twit terbarunya bahkan "mempromosikan" video tentang Dogecoin yang diunggah di YouTube.

Twit "ajaib" Musk

Dogecoin bukan satu-satunya yang pernah diuntungkan berkat twit "ajaib" Musk. Sebelumnya, saham DC Projekt Red (CDR) naik 12 persen berkat twit pujian Musk kepada Cyberpunk 2077.

Musk juga mengunggah twit berbunyi "Gamestonk" yang diyakini merupakan gabungan dari kata "GameStop" dan "stonk", yang merupakan bahasa gaul dari kata "stock" (saham).

Twit itu disertai tautan ke sebuat utas di forum Reddit. Di forum tersebut, para investor amatir dari sub-forum "WallStreetBets" melancarkan aksinya untuk membuat para perusahaan penanam modal (hedge fund) rugi bandar.

Berkat twit tersebut, harga saham GameStop (GME) meroket ke angka 371 dolar AS per lembar. Sebelum twit tentang GameStop, Musk juga memuji e-commerce asal AS yang bergerak di bidang kerajinan tangan dan fesyen, Etsy (ETSY).

Saham ETSY pun naik 9 persen setelah kicauan itu. Awal Januari lalu, Musk juga secara tidak langsung "mempromosikan" aplikasi pesan instan Signal, pesaing WhatsApp.

Twit itu diunggah di tengah ribut-ribut aturan kebijakan privasi WhatsApp baru yang akhirnya ditunda. Musk juga sempat menyindir Facebook, induk WhatsApp dengan sebuah meme bergambar Mark Zuckerberg.

Akibatnya, orang-orang mulai mengetahui aplikasi Signal dan bermigrasi dari WhatsApp ke Signal. Namun, bukan cuma perusahaan aplikasi pesan instan Signal yang diuntungkan.

Perusahaan teknologi kesehatan Signal Advance juga kecipratan untung. Sebab, banyak investor yang terkecoh dan mengira yang dimaksud Musk adalah Signal Advance. Akibatnya, saham Signal Advance (SIGL) naik hingga 1.000 persen.

Kendati demikian, nasib berbeda justru terjadi di perusahaannya sendiri. Alih-alih naik, twit Musk malah bikin saham Tesla turun. Penyebabnya adalah ketika Musk mengatakan "saham Tesla terlalu tinggi".

Twit itu lantas memicu para investor untuk mundur dan membuat harga saham Tesla turun ke angka 140 dolar AS per lembar pada perdagangan 1 Mei 2020. Walhasil, warganet yang ikut urun saham ke Tesla protes ke Elon Musk karena merugi.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/08/13450097/kejadian-lagi-harga-dogecoin-naik-dipicu-twit-elon-musk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke