Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Beri Label "Kejadian Darurat" untuk Banjir di Pulau Jawa

KOMPAS.com - Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah di Indonesia dikepung banjir, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Google pun menandai banjir di Pulau Jawa sebagai kejadian darurat. 

Google memberi label "SOS Alert" atau "peringatan SOS" pada hasil pencarian kata kunci yang berhubungan dengan banjir tersebut. Misalnya ketika pengguna mencari kata kunci "banjir hari ini" atau "banjir jawa".

Google juga akan menampilkan sejumlah hasil pencarian yang berkenaan dengan kejadian darurat tersebut, seperti berita terkini hingga peta wilayah yang terdampak.

Sebagai informasi, peringatan darurat atau SOS Alert ini biasa diberikan Google untuk mempermudah memberikan akses informasi darurat ketika terjadi krisis yang disebabkan manusia atau alam.

Untuk memberikan informasi darurat, Google mengumpulkan konten yang relevan dan otoritatif dari web, media sosial, dan produk Google lainnya. Informasi itu lalu disorot lewat Google Search dan Maps.

"Kami juga mengumpulkan informasi dari produk dan layanan Google lainnya, seperti Google Berita, Google Maps, Waze, dan sebagainya," begitu tulis Google di laman dukungan.

Tanda SOS akan muncul jika pengguna berada di dekat area krisis. Pengguna juga dapat melihat peringatan SOS langsung di peta, jika ada peringatan yang aktif di area yang sedang dilihat pengguna.

Selain menampilkan titik banjir, Google juga menampilkan beberapa halaman dan akun media sosial resmi pemerintah untuk memantau informasi terkini seputar banjir dan melihat akses mana saja yang terhambat akibat banjir.

Adapun laman pemerintah yang terintegrasi adalah jakarta.go.id, akun Twitter dengan handle @InfoBMKG, dan akun Twitter @BPBDJakarta. Pengguna juga bisa mengakses "lihat pembaruan terkini" yang akan dihubungkan ke laman pencarian Google yang akan menampilkan informasi terbaru tentang banjir yang dimuat media online.

Lokasi banjir di Pulau Jawa saat ini juga bisa dipantau langsung lewat Google Maps lewat kanal bernama "Java Floods". Kanal tersebut bisa diakses di tautan ini dan informasinya akan diperbarui secara berkala.

Adapun saat ini titik banjir yang terpantau di Google Maps adalah banjir di Jakarta, Karawang, Indramayu, dan Kudus.

Curah hujan tinggi

Prakirawan cuaca BMKG, Nanda Alfuadi mengatakan, tingginya intensitas hujan di sejumlah wilayah di Indonesia disebabkan oleh kondisi La Nina dengan level yang masih moderate di pasifik equator.

"Berdasarkan prakiraan musim dari klimatologi, pada bulan Februari 2021 berada pada periode puncak musim hujan untuk wilayah Pulau Jawa," ujar Nanda.

Kondisi itu turut didukung oleh masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas. Sehingga, mendukung proses pembentukan awan hujan di Pulau Jawa, khususnya sebagian besar wilayah Jawa Barat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/09/12112987/google-beri-label-kejadian-darurat-untuk-banjir-di-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke