Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Pertama Tampilan Android 12, Ada Desain dan Widget Baru

KOMPAS.com - Setelah Android 11, Goole diperkirakan akan meluncurkan sistem operasi mobile berikutnya, Android 12, di kuartal-I 2020, tepatnya dalam ajang konferensi Google I/O yang biasanya digelar bulan Mei.

Belakangan beredar bocoran serangkaian gambar yang diduga memperlihatkan tangkapan antarmuka Android 12. Kalau benar, maka ini adalah penampakan pertama dari tampilan sistem operasi tersebut.

Dari bocoran gambar terlihat bahwa (UI) Android 12 didesain lebih simple dengan perpaduan warna solid. Menariknya, ada widget baru yang akan menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan.

Selain di menu pull-down notifikasi, isi percakapan juga dapat ditampilkan di home screen melalui widget tersebut. Area notifikasi sendiri kini tak lagi transparan, diganti warna beige solid, tapi ini mungkin nantinya bisa berubah tergantung themes atau dark mode.

Warna status bar di sisi atas yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana, yaitu hanya menampilkan satu warna solid. Letaknya pun diubah, posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Uniknya lagi, Android 12 bisa menampilkan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Pengguna pun akan diingatkan setiap kali ada aplikasi yang akan memakai kamera atau mikrofon di perangkat.

Kabarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (9/2/2021), indikator privasi ini nanti wajib dimunculkan di semua perangkat yang menjalankan Android 12.

Selain itu kemungkinan juga akan ada toggle privasi yang bisa menon-aktifkan semua fungsi kamera dan mikrofon.

Perubahan lainnya, jumlah tile di Quick Settings kini dikurangi, dari sebelumnya enam buah menjadi hanya empat sehingga masing-masing ikon jadi terlihat lebih besar.

Rangkaian bocoran gambar di atas diduga berasal dari dokumen internal Google untuk mendemonstrasikan Android 12 ke para vendor rekanan. Namun, bisa saja tampilan akhirnya nanti akan berbeda.

Google kabarnya akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini sehingga tampilan dan fitur-fitur baru dari sistem operasi itu bakal diketahui dengan lebih jelas dalam waktu dekat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/09/18150027/bocoran-pertama-tampilan-android-12-ada-desain-dan-widget-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke