Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Umumkan Chip Modem 5G Snapdragon X65 dan X62

Qualcomm pun sesumbar bahwa Snapdragon X65 yang ditujukan bagi ponsel kelas atas mampu menghadirkan performa 5G tertinggi saat ini, dengan kecepatan yang sebanding dengan kabel serat optik.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (10/2/2021), Presiden dan CEO terpilih Qualcomm Cristiano Amon mengatakan  Snapdragon X65 akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna ponsel premium.

"Selain itu, modem ini juga akan membuka kemungkinan-kemungkinan baru dari perluasan 5G pada mobile broadband, compute, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel tetap,” kata Amon.

Selain kecepatan tinggi, Qualcomm turut mengeklaim bahwa Snapdragon X65 dapat menghasilkan latensi rendah untuk keperluan-keperluan seperti cloud dan edge, gaming multiplayer, hingga video 360 derajat.

Snapdragon X65 juga dibekali dengan Modul antena Qualcomm 545 mmWave generasi keempat yang dirancang untuk memperluas cakupan mobile mmWave dan efisiensi daya.

Qualcomm mengeklaim Snapdragon X65 memiliki spektrum aggregation paling komprehensif pada seluruh pita frekuensi 5G, termasuk mmWave dan sub-6 GHz, menggunakan frequency division duplex (FDD) dan time division duplex (TDD).

Bersamaan dengan Snapdragon X65, Qualcomm juga turut meluncurkan chip modem untuk ponsel kelas menengah, yakni Snapdragon X62.

Snapdragon X62 adalah solusi modem-to-antenna 5G yang mendukung kecepatan pengunduhan hingga multi-Gigabit hingga 4,4 Gbps untuk pengaplikasian mobile broadband.

Qualcomm mengungkapkan, Snapdragon X65 dan X62, keduanya saat ini sedang dalam tahap pemberian sampel kepada rekanan. Perangkat komersil berbasis kedua chip modem tersebut diharapkan mulai hadir di pasaran pada akhir 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/10/08050037/qualcomm-umumkan-chip-modem-5g-snapdragon-x65-dan-x62

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke