Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua dari Lima Situs Web Dunia Menggunakan Wordpress

Hal tersebut dituangkan dalam hasil analisis penggunaan WordPress dari firma riset teknologi web W3Techs yang dipublikasikan pekan lalu. 

Dalam laporannya, W3Techs mengungkapkan bahwa 40 persen situs yang ada di internet saat ini ternyata menggunakan layanan WordPress. Ini artinya, dua dari setiap lima situs web di internet dibangun di atas WordPress.

Data ini didapatkan W3Techs dari hasil analisis terhadap 10 juta situs teratas di situs ranking web Alexa dan satu juta situs teratas di daftar Tranco.

W3Techs menggunakan populasi 11 juta situs teratas di dua situs ranking web dunia untuk menghindari penghitungan domain yang sudah didaftarkan tapi belum dipakai (parked domain), situs spam, dan situs yang memiliki sedikit atau tanpa konten.

Di samping itu, data juga menunjukkan bahwa jumlah pengguna layanan WordPress juga meningkat. Pada tahun 2011, WordPress hanya dipakai oleh 10 juta pengguna. Namun, saat ini jumlahnya sudah mencapai 40 juta pengguna.

Dengan demikian, WordPress berhasil menguasai 64,3 persen pangsa pasar sistem CMS, mengalahkan platform serupa seperti Shopify dan Squarespace.

Dari jumlah pangsa pasar tersebut, WordPress paling banyak digunakan untuk membangun situs blog dan portal berita.

Beberapa situs berita kenamaan dunia juga menggunakan WordPress untuk mempublikasi konten mereka, seperti CNN, Tech Crunch, Time Magazine, Vogue, dan BBC Amerika.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Senin (15/2/2021), peningkatan jumlah pengguna WordPress ini kemungkinan besar didorong oleh konsumen atau bisnis yang membuat situs web baru selama masa pandemi.

WordPress agaknya menjadi pilihan sejumlah konsumen karena platform blog ini telah memiliki ekosistem yang cukup lengkap, termasuk 58.000 aplikasi pendukung (plug-in) dan 8.000 tema WordPress.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat WordPress berhasil menguasai sebagian besar pangsa pasar CMS, sebagaimana dihimpun dari WP Explorer.

Adapun alasannya antara lain karena mudah digunakan, gratis, mudah diintegrasikan dengan media sosial, responsif dan ramah untuk pengguna mobile.

Negara yang paling banyak menggunakan layanan WordPress antara lain Afrika Selatan, Iran, Israel, dan SpanyoDi sisi lain, negara yang paling jarang menggunakan WordPress adalah China, Korea Selatan, dan Rusia.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/15/11120097/dua-dari-lima-situs-web-dunia-menggunakan-wordpress

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke