Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diupgrade, Toilet Umum di Jepang Bakal Pakai Tombol Hologram

Kini, toilet umum tersebut bakal dipercanggih lagi, dengan mengganti tombol-tombol fisik tersebut menjadi tombol hologram.

Perusahaan Jepang bernama Murakami Corporation sedang mempertimbangkan membuat toilet dengan tombol hologram itu, dengan alasan agar lebih higienis.

Selama ini, tombol fisik di toilet umum disentuh bergantian oleh setiap orang yang menggunakannnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, setiap orang harus menjaga kebersihan.

Agar pengguna atau petugas tidak terus-terusan membersihkan tombol toilet satu per satu, Murakami Corporation ingin tombol fisik itu diganti dengan panel hologram.

Murakami telah menjalin kemitraan dengan Parity Innovations untuk menghasilkan panel holografik yang melayang di udara. Panel ini menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi gerakan jari.

Ketika panel hologram "disentuh" oleh pengguna, sensor akan dapat mendeteksi fitur apa yang ditekan oleh pengguna dan mengaktifkannya.

Sebenarnya teknologi ini tidak terbatas untuk toilet saja, panel hologram juga bisa diterapkan di fasilitas-fasilitas umum lainnya, misalnya mesin ATM, lift, dan sebagainya.

Murakami Corporation berharap produksi panel hologram ini dapat diproduksi secara massal pada 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari UberGizmo, Kamis (18/2/2021).

Jepang memang menjadi salah satu negara di mana inovasi bidang teknologi banyak bermunculan. Bahkan pada 2020 lalu, Jepang dinobatkan sebagai negara nomor satu yang memiliki keahlian teknologi terbaik di dunia oleh US News.

Banyak teknologi elektronik dan robot yang lahir dan berkembang di Jepang, di antaranya seperti kamera ponsel, laptop, televisi elektronik, kereta peluru (shinkansen), mobil berbahan bakar hidrogen, termasuk toilet berteknologi tinggi.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/18/12090027/diupgrade-toilet-umum-di-jepang-bakal-pakai-tombol-hologram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke