Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Jagoan Baru Samsung

Tidak hanya ganti nama. TWS ini juga memiliki beberapa perubahan dan peningkatan fitur dibanding pendahulunya. Perbedaan paling kentara ada di charging case. Bukan lagi berbentuk lonjong bak kapsul, Galaxy Buds Pro memiliki charging case persegi.

Bahan cangkangnya juga berbeda. Di Galaxy Buds Pro, material casing terasa sedikit kasar dan tidak mengilap seperti Galaxy Buds Plus. Untuk earbuds, desainnya masih agak mirip dengan sebelumnya.

Hanya ada sedikit perbedaan di sisi depan, di mana Galaxy Buds Pro memiliki touchpad yang sepenuhnya bundar. Sementara Buds Plus berbentuk mirip segitiga dengan sisi-sisi yang membulat.

Touchpad tersebut digunakan untuk mengontrol perangkat saat dipasang ke telinga. Kendati bentuknya berbeda, Buds Pro ternyata tetap masih nyaman digunakan di telinga, tapi juga tidak mudah lepas ketika pengguna banyak bergerak.

Selain itu, bobotnya pun terasa ringan. Masih seperti Galaxy Buds sebelumnya, Buds Pro didukung teknologi audio AKG.

Isi kotak kemasan Galaxy Buds Pro

Selain unit earbuds dan charger casing, di dalam kotak kemasan juga tersedia beberapa aksesori penunjang. Aksesori tersebut di antaranya eartips dua set dengan berbagai macam ukuran, kabel USB-C untuk mengisi daya, dan buku panduan.

Earphone TWS ini kompatibel dengan smartphone dan tablet yang berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 atau yang lebih baru.

Meskipun demikian, Galaxy Buds Pro akan lebih optimal apabila dipasangkan dengan perangkat Samsung untuk mengaktifkan fitur ekstra seperti Auto Switch yang praktis untuk berpindah device sumber audio. 

Ada fitur ANC dan ambient sound

Tak lupa, Samsung juga menyematkan fitur ctive Noise Cancellation (ANC) yang bisa diatur pengguna lewat aplikasi Wearable Device di smartphone untuk mengurangi suara bising dari lingkungan sekeliling. Level noise cancelling bisa diatur hingga level tertinggi 99 persen.

Perlu mendengar suara dari sekitar? Galaxy Buds Pro pun dilengkapi fitur ambient sound yang bisa diatur dari level 1-4, di mana pada level 4, suara ambient bisa ditingkatkan hingga 20 desibel.

Intelligent ANC berguna ketika pengguna perlu berbicara dengan orang lain di tengah-tengah kegiatan mendengar musik dari Galaxy Buds Pro.

Secara otomatis, intelligent ANC akan beralih ke ambient sounds sehingga pengguna  bisa lebih mudah mendengar suara lawan bicara tanpa harus mematikan ANC atau mencopot earbuds.

Earphone TWS ini dilengkapi 3 mikrofon. Dua mikrofon berada di sisi luar earbuds dan satu lainnya ada di dalam telinga.

Selain itu, Galaxy Buds Pro juga memiliki sistem two-ways speaker dan ukuran speaker yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Umumnya,earphone  TWS hanya dibekali satu speaker untuk mengeluarkan suara bass dan treble.Namun di Galaxy Buds Pro, dua fungsi itu dipisah.

Fitur baru lain yang ditanamkan adalah audio 360 yang diklaim bisa memberikan pengalaman audio layaknya menonton film di bioskop.

Fitur ini didukung oleh teknologi dolby head tracking, yang akan mengunci suara dan mengikuti gerakan kepala.

Galaxy Buds Pro memiliki multi mic recording yang membantu pengguna merekam suara lebih jelas ketika merekam video menggunakan smartphone, tanpa tambahan mikrofon eksternal lain.

Selain itu, Galaxy Buds Pro juga dibekali sertifikat IPX7 yang bisa melindungi perangkat jika terendam dalam air dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama 30 menit. Untuk daya tahan, Galaxy Buds Pro diklaim mampu bertahan hingga 28 jam tanpa mengaktifkan ANC.

Jika ANC diaktifkan, baterai disebut mampu bertahan hingga 18 jam. TWS ini juga didukung pengisi daya cepat, di mana dalam lima menit pengisian daya, Galaxy Buds Pro diklaim bisa digunakan selama 1 jam.

Di Indonesia, Galaxy Buds Pro dijual dengan harga Rp 3 juta. Ada tiga warna yang tersedia, yakni Phantom Black, Phantom Violet, dan Phantom Silver. Wujud Galaxy Buds Pro selengkapnya dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/22/11140097/menjajal-galaxy-buds-pro-earphone-tws-jagoan-baru-samsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke