Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecepatan Internet di Indonesia Dilaporkan Meningkat, Ini Angkanya

Dalam laporan "Digital 2021" yang diterbitkan pada 11 Februari lalu tersebut, terungkap bahwa kecepatan internet di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada waktu yang sama tahun lalu.

Tercatat bahwa rata-rata kecepatan unduh (download) untuk perangkat mobile (smartphone/tablet dll.) di Indonesia adalah 17,26 persen. Angka kecepatan download itu mengalami peningkatan sebesar 24,8 persen dibanding tahun lalu.

Sementara untuk internet kabel (fixed) yang terhubung ke rumah/kantor, kecepatan rata-ratanya adalah 23,32 Mbps (download). Angka tersebut menurut riset Hootsuite meningkat 16 persen dibandingkan kondisi tahun lalu.

Dari segi pengguna, total jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 telah mencapai angka 202,6 juta, dengan penetrasi hingga 73,7 persen.

Dari jumlah tersebut, 195,3 juta pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan menggunakan smartphone, sementara 2,5 persen lain masih menggunakan ponsel fitur.

Dalam satu hari, dilaporkan rata-rata masyarakat Indonesia (dalam rentang umur 16 hingga 64 tahun) menghabiskan waktu sebanyak lima jam empat menit para perangkat mobile untuk mengakses internet.

Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna berbasis Android di Indonesia secara berurutan meliputi WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, serta Twitter.

Secara keseluruhan, jumlah perangkat mobile yang telah terkoneksi ke jaringan internet di Indonesia meningkat, jumlahnya adalah 345,3 juta.

Uniknya, jumlah perangkat tersebut lebih tinggi dibanding total populasi Indonesia, yang mencapai 274,9 juta penduduk hingga Januari 2021 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari We Are Social, Selasa (23/2/2021).

Ini artinya, satu orang bisa memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung dengan internet.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/18110577/kecepatan-internet-di-indonesia-dilaporkan-meningkat-ini-angkanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke