Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Pamer Router yang Bisa Sulap Sinyal 5G Jadi WiFi

Router ini memiliki ukuran 114 x 114 x 235 mm. Istimewanya, Oppo 5G CPE Omni ini bisa membuat WiFi dari jaringan seluler 5G yang ditangkap lewat kartu SIM. WiFi tersebut kemudian bisa digunakan oleh 1.000 perangkat secara bersamaan.

Router ini memiliki modem 5G Snapdragon X55. Selain itu, Oppo 5G CPE Omni dibekali prosesor ARM Cortex-A53 berkecepatan 2,2 Ghz.

Berkat kehadiran chip modem tersebut, router ini mendukung jaringan 5G yang beroperasi di spektrum sub-6 GHz dan mmWave secara native, dengan kecepatan unduh yang diklaim bisa mencapai 6,78 Gbps.

Untuk menerima sinyal 5G dari spektrum sub-6 GHz, router ini mengandalkan 8 antena yang dibenamkan di sekeliling perangkat, dijuluki "O-Reserve 5G Antennas". Nantinya, perangkat akan memilih 4 antena yang paling baik dalam menerima sinyal 5G.

"Sistem antena 5G CPE Omni untuk spektrum sub-6 GHz memungkinkan perangkat memilih antena terbaik secara otomatis, sehingga sinyal yang diterima bisa optimal," ujar Strategic Product Manager Oppo, Su Song kepada KompasTekno dalam MWCS 2021 Media Pre-brief, pekan lalu.

Sedangkan untuk menerima sinyal 5G dari spektrum mmWave, router mengandalkan antena 5G yang disusun dalam sebuah modul yang bisa memutar, disebut dengan "O-Motion 360 Degree Antennas".

"Berkat cakupan 360 derajat, tidak ada blank spot yang bakal diterima router ketika menerima sinyal 5G dengan spektrum mmWave. Ini berarti Omni 5G CPE bisa diletakkan tepat di tengah-tengah rumah," imbuh Song.

Untuk konektivitas, Oppo 5G CPE Omni mendukung WiFi IEEE802.11 (a/b/g/n/ac/ax), BLE 4.1, ZigBee 3.0, serta fungsi mesh network yang bisa meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan WiFi.

Untuk kemudahan pemantauan, router hasil kolaborasi Qualcomm, Ericsson, dan Keysight Technologies ini juga bisa dikontrol melalui aplikasi O-Connect yang terpasang di smartphone.

Penasaran bagaimana cara kerja Oppo 5G CPE Omni ini? Simak dalam sebuah video yagn diunggah Twitter akun resmi @Oppo berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/25/13090087/oppo-pamer-router-yang-bisa-sulap-sinyal-5g-jadi-wifi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke