Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Hasil Jepretan Oppo Reno5 5G, Sebagus Apa?

Salah satu fitur andalan Reno5 5G adalah kameranya. Di punggung ponsel ini terdapat empat kamera yang disusun secara vertikal dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera mono 2 MP (f/2.4) untuk kinerja pemotretan mode portrait.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.4) yang dimuat dalam sebuah punch hole.

Untuk menunjang kinerja fotografi, kamera Reno5 5G juga dibekali dengan kecerdasan buatan (AI), seperti AI Portrait Beautification, AI Beautification, HDR, Night Mode, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana hasil jepretan kamera ponsel 5G perdana dari Oppo di Tanah Air ini? Secara keseluruhan, foto yang dihasilkan deretan kamera Reno5 5G terbilang cukup bagus.

Selain itu kamera utama Reno5 5G juga memiliki mode 64 MP. Mode ini bisa digunakan untuk menjepret foto dengan resolusi penuh sebesar 64 MP tanpa pixel binning. Hasilnya adalah foto yang berukuran jauh lebih besar sekaligus lebih tajam.

Ketika dijajal, mode 64 MP ini sekilas tampak tak jauh berbeda dengan mode normal, baik dari segi detail foto dan warnanya.

Ketika hasil jepretan diperbesar (zoom), detail foto terlihat lebih kaya dibandingkan mode default dengan pixel-binning yang menghasilkan gambar beresolusi 16 MP .

Sebab, ponsel ini dibekali dengan fitur Night Mode yang diklaim dapat menghasilkan hasil gambar yang terang meski diambil di lingkungan dengan cahaya yang kurang.

Meski demikian, jika kondisi pencahayaan sangat minim, ponsel ini belum bisa menangkap seluruh obyek dalam lingkungan tersebut dengan baik.

Hasil fotonya bisa dilihat di perbandingan foto antara penjepretan mode normal dan mode malam di gambar berikut.

Kamera ultrawide 8 MP di Reno5 5G, misalnya, bisa menciptakan sebuah gambar yang cukup bagus dengan bidang pandang lebar (kurang lebih 120 derajat).

Lalu, kamera makro beresolusi 2 MP juga bisa digunakan untuk menjepret berbagai obyek mungil dengan jarak super dekat (kurang lebih 4 cm) dengan hasil yang cukup baik. Foto-fotonya bisa dilihat di gambar berikut.

Untuk memberikan efek yang dramatis, Oppo menyematkan fitur Neon Portrait yang bisa menghasilkan foto portrait dengan latar belakang buram.

Saturasi warna foto portrait ketika menggunakan fitur ini pun bakal ditingkatkan, sehingga hasilnya bakal terkesan seperti memakai kamera profesional. Hasilnya bisa dilihat di gambar berikut.

Ketika dijajal, fitur ini bisa menghasilkan obyek yang cukup tajam meski diperbesar berkali-kali, mulai dari 2x, 5x, 10x, hingga 20x sebagaimana gambar berikut.

Hanya saja, pengguna harus tetap memegang ponsel dengan stabil ketika memotret dalam mode pembesaran digital 20x. Sebab, guncangan bakal mengakibatkan foto menjadi tidak fokus dan buram.

Kamera ini juga turut dilengkapi dengan mode portrait untuk menerapkan efek bokeh yang lebih ciamik.

Menariknya lagi, ada fitur AI Beautification yang bisa dipakai untuk mempercantik wajah. Fitur ini bisa dipakai di beragam mode, seperti mode pemotretan malam hari, portrait, dan mode penjepretan normal.

Adapun efek dari manipulasi wajah ini bisa dibilang tak terlampau berlebihan, sehingga wajah akan tetap terasa natural, sebagaimana gambar kedua dan ketiga di atas. 

Pengguna pun bisa mengatur seberapa besar efek AI Beautification memengaruhi kontur wajah secara langsung melalui aplikasi kamera.

Nah, penasaran dengan kemampuan kamera Reno5 5G? Hasil jepretan selengkapnya dari ponsel ini bisa dilihat dalam galeri foto di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/02/12070027/melihat-hasil-jepretan-oppo-reno5-5g-sebagus-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke