Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person di Kecepatan Tinggi

KOMPAS.com - Setelah didului beragam rumor, DJI akhirnya memperkenalkan drone anyar buatannya yang bernama FPV Drone. Seperti namanya, drone ini ditujukan khusus untuk perekaman video dari sudut pandang orang pertama (first person view/FPV).

Video FPV biasa ditampilkan di beragam ajang balap mobil atau motor profesional, di mana kamera menampilkan sudut pandang si pembalap. Nah, karena dirancang untuk FPV, maka drone ini dibekali dengan sejumlah teknologi pendukung.

Salah satunya adalah teknologi DJI OcuSync yang memungkinkan drone memiliki tingkat respons yang gesit. Sehingga, sang pengendali drone bisa mengontrol alat tersebut dengan cepat untuk menghindari halangan atau obyek di depannya.

Agar bisa melihat lebih nyata dan seakan tengah "terbang" di udara, operator drone juga bisa memakai sebuah aksesori yang dinamai DJI FPV Goggles V2.

DJI mengklaim kacamata ini dibekali dengan teknologi wireless mumpuni dengan bitrate tinggi (50 Mbps) yang bisa menyesuaikan laju dan kecepatan drone ketika merekam video.

DJI sendiri mengklaim FPV Drone bisa melesat hingga kecepatan 140 km/jam dengan tingkat akselerasi yang bisa menyentuh angka 100 km/jam dalam dua detik. Perangkat ini juga bisa dikontrol dari jarak yang jauh, maksimal 10 km.

Ada pula fitur Emergency Brake and Hover untuk mencegah drone tertabrak benda lainnya ketika melaju dengan kecepatan tinggi, serta Visual Positioning Sensors (VPS) yang memungkinkan perangkat mendarat dan lepas landas dengan mulus.

Untuk perekaman videonya sendiri drone ini mendukung format 4K dengan frame rate 60 fps dan bitrate 120 Mbps. Kamera drone juga bisa merekam video 1080p dengan frame rate 120 fps. 

Supaya perekaman tetap stabil ketika bermanuver, DJI turut membekali perangkat ini dengan gimbal single-axis yang dilengkapi dengan teknologi penstabil gambar DJI rockSteady.

U DJI FPV Drone dijual dalam paket bundling (DJI FPV Combo) yang dibanderol 1.299 dolar AS (sekitar Rp 18,5 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (3/3/2021).

Selain unit drone, pengguna juga bakal mendapatkan remote controller, FPV Goggles V2, kabel-kabel pendukung, dan satu baterai.

Ada juga beberapa komponen lainnya yang dijual terpisah, seperti dua paket Intelligent Flight Batteries dan charging hub yang dijual seharga 299 dolar AS (sekitar Rp 4,2 juta) dan Motion Controller yang dilego dengan harga 199 dolar AS (sekitar Rp 2,8).

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/03/09290087/dji-rilis-fpv-drone-bisa-rekam-video-first-person-di-kecepatan-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke