Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto di iPhone Kini Bisa Langsung Ditransfer ke Google Photos

Fitur ini akan memudahkan pengguna iPhone yang ingin beralih ke ponsel Android. File foto dan video mereka bisa langsung ditransfer dari iPhone ke Android dengan cepat dan mudah.

Seperti diketahui iCloud Photos hanya tersedia di perangkat buatan Apple saja, seperti iphone dan iPad. Sedangkan Google Photos merupakan layanan mirip iCloud Photos yang tersedia di ponsel Android.

Dengan adanya layanan transfer file ini, pengguna Apple dapat mencadangkan dan menyimpan salinan foto dan video yang selama ini tersimpan di iCloud Photos ke Google Photos.

Namun, layanan ini tidak bisa digunakan untuk melakukan transfer file yang sifatnya segera atau mendesak. Hal ini dikarenakan transfer file dari iCloud Photos ke Google Photos masih memakan waktu berhari-hari.

Dalam laman Apple Support, layanan transfer file dari iCloud Photos ke Google Photos disebut membutuhkan waktu sekitar tiga hingga tujuh hari.

"Kami menggunakan waktu ini untuk memverifikasi bahwa permintaan itu dibuat oleh Anda, dan untuk melakukan transfer," tulis Apple.

Format yang didukung dan tidak

Apple juga menyebutkan bahwa beberapa data dan format yang ada di layanan iCloud Photos, seperti Smart Album, Live Photos, dan file RAW, tidak akan bisa ditransfer ke layanan Google Photos.

Namun untuk format seperti .jpg, .png, .webp, .gif, beberapa file RAW, .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp,. File 3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, dan .mkv kompatibel untuk ditransfer.


Untuk menggunakan layanan transfer file dari iCloud Photos ke Google Photos, pengguna perlu memastikan beberapa hal, yaitu: 

Cara untuk menggunakan layanan transfer file iCloud Photos ke Google Photos.

  • Pertama, pergi ke situs Privasi Apple di alamat privacy.apple.com. 
  • Lalu login menggunakan ID Apple.
  • Pilih opsi "transfer a copy of your data".
  • Pengguna akan melihat ringkasan jumlah foto dan video yang tersimpan di iCloud Photos beserta total penyimpanan yang digunakan.
  • Pengguna akan disuruh untuk memilih lokasi transfer file. Pilih "Google Foto" karena ini merupakan satu-satunya pilihan saat ini.
  • Centang kotak untuk mentransfer video dan foto. 
  • Klik "continue".
  • Lalu pengguna perlu mengonfirmasi bahwa foto dan video pengguna tidak akan sepenuhnya ditransfer jika drive Google One Anda kehabisan ruang penyimpanan. Jika setuju, klik "continue".
  • Selanjutnya, pengguna perlu login ke akun Google dan berikan Apple akses ke library di Google Photos.
  • Terakhir pilih "Konfirmasi Transfer".

Dengan begitu, permintaan transfer file pengguna akan diproses oleh Apple. Pengguna juga akan menerima email pemberitahuan dari Apple tentang permintaan transfer file tersebut.

Jika proses transfer file selesai, pengguna akan kembali mendapatkan email pemberitahuan.

Jika saat transfer berlangsung akun Google pengguna ternyata tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup, maka tidak semua foto atau video bisa ditransfer. Namun untuk foto atau video yang sudah berhasil dikirim, tetap akan tersimpan di Google Photos.

Selain itu, Apple juga mengingatkan bahwa Google Photos membatasi jumlah foto per album sebanyak 20.000 buah.

"Jika pengguna mentransfer album dengan lebih dari 20.000 foto, foto tambahan masih akan ditransfer tetapi tidak ditambahkan ke dalam album," tulis Apple.

Layanan ini baru tersedia untuk pengguna Apple di wilayah Australia, Kanada, Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris Raya, dan Amerika Serikat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Kamis (4/3/2021).

Belum diketahui kapan Apple akan memperluas layanannya ini ke wilayah Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/04/17030047/foto-di-iphone-kini-bisa-langsung-ditransfer-ke-google-photos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke