Salin Artikel

Tweet Pertama CEO Twitter Jack Dorsey Dijual

Tweet Dorsey yang dimaksud ialah kicauan yang ia unggah pada 22 Mei 2006 silam, berbunyi "just setting up my twttr". Kicauan tersebut juga menjadi tweet pertama di dunia.

Menurut pantauan KompasTekno di situs Valuables pada Senin (8/3/2021) siang, kicauan Dorsey tersebut sudah mendapat penawaran tertinggi sementara di angka 267.000 dollar AS (sekitar Rp 3,8 miliar).

Penawaran ini datang dari akun Tiwtter dengan handle @curt_liu42.

Lantas, bagaimana sebuah kicauan Twitter bisa dijual? Untuk diketahui, sekarang kicauan di Twitter bisa diperjualbelikan. Hal ini dimungkinkan karena adanya Non-Fungible Token (NFT).

NFT dapat diartikan sebagai sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik.

Sebenarnya NFT ini mirip dengan aset digital lainnya, seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya. Namun perbedaan mendasarnya ialah NFT ini tidak bisa dipertukarkan.

Menurut keterangan Valuables, memiliki konten digital apa pun dapat menjadi investasi finansial, menyimpan nilai sentimental, dan menciptakan hubungan antara kolektor dan pencipta.

"Seperti tanda tangan di kartu bisbol, NFT itu sendiri adalah tanda tangan pembuat konten, membuatnya langka, unik, dan berharga," tulis Valuables.

Dalam kasus Dorsey, Tweet Dorsey merupakan aset digital unik tersebut. Nantinya, Tweet Dorsey tetap akan tersedia di akun Twitter-nya. Sedangkan pembeli tweet tersebut akan mendapatkan sertifikat digital dari tweet tersebut.

Sertifikat digital ini hanya akan diterbitkan satu kali oleh Valuables. Sertifikat digital tersebut akan dibubuhi tanda tangan Dorsey menggunakan kriptografi, termasuk metadata dari tweet aslinya.

"Metadatanya seperti waktu tweet itu diposting, apa isi teks dari tweet tersebut, stempel waktu dari tweet tersebut, dan tanda tangan digital dari dompet crypto penciptanya," tulis Valuables.

NFT memang belakangan ini booming karena digunakan oleh sejumlah musisi dan seniman sebagai cara alternatif untuk menjual karya mereka.

Istri Elon Musk yang juga seorang musisi, Grimes, diketahui telah menjual karyanya melalui NFT seharga 5,8 juta dollar AS (sekitar Rp 82,9 miliar).

Selain itu, Chris Torres juga menjual versi unik dari meme viralnya, Nyan Cat, seharga 300 ethereum (Rp 6,6 miliar) melalui NFT, sebagaimana dihimpun dari Live Mint.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/08/08384677/tweet-pertama-ceo-twitter-jack-dorsey-dijual

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.