Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rencana WhatsApp Amankan Data Percakapan yang Disimpan di Google Drive

Namun, hal tersebut membuat keamanan chat yang dicadangkan menjadi lebih rentan, karena sudah tidak terlindungi enkripsi. Celah tersebut kabarnya akan segera dibenahi WhatsApp.

Aplikasi pesan instan tersebut kabarnya akan menambah password ketika pengguna akan mencadangkan chat ke iCloud atau Google Drive. Kabar itu dihembuskan pertama kali oleh WABetaInfo yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp.

Jika rumor itu benar, maka pengguna WhatsApp baik iOS maupun Android, harus memasukan password yang tepat jika ingin memulihkan chat dari penyimpanan awan. Penambahan password tersebut dilakukan semata-mata demi melindungi chat pengguna.

"Untuk mencegah akses tidak resmi ke pencadangan iCloud Drive Anda, Anda bisa memasang password yang akan digunakan untuk mengenkripsi pencadangan di masa depan. Password ini dibutuhkan ketika Anda memulihkan pencadangan," begitu keterangan fitur baru dari tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo melalui Twitter.

Seperti diketahui, WhatsApp berkali-kali menekankan bahwa seluruh chat yang terjadi di percakapan akun personal akan dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Namun, sistem enkripsi tidak berlaku ketika pencadangan chat dilakukan. Hal ini sempat menjadi kritik bagi WhatsApp karena isi percakapan akan lebih rentan diintip pihak tak berhak.

Selama ini, WhatsApp cukup sering menelurkan sistem keamanan bagi penggunanya. Dari sisi pengguna, WhatsApp menawarkan fitur kemanan seperti otentikasi dua langkah (2FA) serta PIN dan sidik jari untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp pengguna untuk tujuan buruk.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/09/07310027/rencana-whatsapp-amankan-data-percakapan-yang-disimpan-di-google-drive

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke