Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elon Musk Tidur Tak Kurang dari 6 Jam Sehari, Ini Alasannya

Tak ayal, ia memiliki sederet urusan yang harus ia tangani setiap harinya. Bahkan, pria kelahiran Afrika Selatan itu mengungkapkan bahwa dirinya kerap melakukan rapat hingga pukul satu atau dua dini hari.

"Saya banyak bekerja, bahkan terkadang di hari Sabtu dan Minggu," kata Musk kepada Joe Rogan dalam podcast video "The Joe Rogan Experience".

Untuk dapat mengejar semua urusannya, Musk terpaksa mempersingkat waktu  istirahat, tapi dia masih bisa tidur selama 6 jam setiap hari. Musk mengatakan bahwa durasi itu ideal baginya.

"Saya mencoba tidur lebih sedikit (dari enam jam), tapi produktivitas saya menurun," kata pria yang memiliki kekayaan bersih mencapai 143,7 milliar dollar AS (sekitar Rp 2.066,8 triliun) ini.

Musk mengungkapkan, di masa lalu atau tepatnya ketika mengembangkan produksi Tesla Model 3, ia pernah menghabiskan waktu 120 jam dalam seminggu hanya untuk bekerja.

"Ada kalanya, saya hanya akan tidur beberapa jam, bekerja, tidur beberapa jam, bekerja, dalam tujuh hari seminggu," kata Musk kepada Kara Swisher pada November 2018.

Bahkan saking "gila kerja" ketika itu, Musk terkadang tidur di lantai di bawah meja kerjanya di kantor Tesla. Ia mengakui bahwa jadwal kesehariannya itu tidak sehat.

Belakangan Musk mengakui bahwa tidak ada seseorang pun yang boleh menghabiskan waktu 120 jam seminggu hanya untuk bekerja.

"Itu tidak disarankan untuk siapa pun. Anda akan menjadi sedikit gila jika bekerja 120 jam seminggu," kata Musk, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Selasa (9/3/2021).

Meski dia tak merasa perlu memejamkan mata lebih lama, waktu istirahat Musk sedikit kurang dari rekomendasi durasi tidur orang dewasa pada umumnya, yakni 7-8 jam sehari.

Beberapa milyarder lainnya memiliki pola tidur yang mirip dengan Musk, sedikit lebih singkat atau lebih lama. Pendiri Virgin Group Richard Branson, misalnya, tidur 5-6 jam per hari. Sementara, pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Amazon Jeff Bezos biasa terlelap 7 jam sehari.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/09/11380017/elon-musk-tidur-tak-kurang-dari-6-jam-sehari-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke