Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini OS Android yang Paling Banyak Dipakai di Indonesia

Dari banyaknya versi Android yang ada, Android 10 menjadi versi yang paling populer di Indonesia. Laporan perusahaan analitk StatCounter mencatat, Android 10 terinstal di 34,37 persen ponsel Android di Indonesia.

Adopsi Android 10 yang cepat ini tak lepas dari strategi Google yang mewajibkan seluruh ponsel Android keluaran tahun 2020 untuk menggunakan Android 10.

Data tersebut dihimpun StatCounter selama Februari 2020 sampai Februari 2021. Data ini juga menunjukkan jumlah adopsi Android versi lain.

Versi Android terpopuler berikutnya menurut StatCounter adalah Android 9 Pie dengan persentase 20,59 persen.

Selain itu, diketahui juga bahwa masih ada smartphone yang menggunakan Android versi lawas. Meskipun, jumlah tersebut kurang dari 50 persen dari total keseluruhan pengguna Android di Indonesia.

Sebanyak 15,36 persen diketahui masih mengunakan Android 8.1 Oreo yang telah dirilis pada 2017. Sementara Android 6 Marshmallow yang dirilis pada 2015 lalu, masih digunakan sekitar 7,9 persen pengguna Android di Indonesia.

Angka tersebut sedikit lebih banyak dibandingkan Android 7 Nougat yang sejatinya lebih baru ketimbang Marshmallow. Persentase pengguna Android 7.1 Nougat sebesar 7 persen. Android 5 Lollipop yang dirilis sekitar enam tahun lalu, masih digunakan oleh 6,2 persen smartphone Android di Indoensia.

Di versi ini pula, Google mulai menanggalkan nama kudapan manis sebagai nama sistem operasinya. Sejak Android 10, Google mulai menggunakan angka untuk penamaan Android yang berlanjut ke Android 11 yang dirilis tahun 2020.

Android 10 membawa beberapa fitur baru, seperti dukungan layar lipat, dukungan 5G, tema gelap, smart reply, kontrol orangtua, pengaturan privasi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya di Indonesia, Android 10 juga menjadi versi Android terpopuler di Amerika Serikat (AS) dengan persentase 33 persen, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (10/3/2021).

Sementara Android 11 yang dirilis tahun 2020, menguasai 25 persen populasi smartphone dan tablet Android di AS, hanya dalam waktu enam bulan setelah dirilis. Perlu diingat bahwa laporan StatCounter bukanlah laporan resmi dari Google.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/10/14070017/ini-os-android-yang-paling-banyak-dipakai-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke