Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nikmatul Rosidah, Wanita Asal Indonesia yang Jadi YouTuber Populer di Hong Kong

Nikmatul Rosidah menjadi salah satu kreator konten populer di sana, meskipun kebanyakan konten YouTube yang ia buat berbahasa Indonesia. Saat ini, ia sudah memiliki 1,41 juta subscriber danmenjadikannya salah satu YouTuber top di Hong Kong.

Nikmatul Rosidah atau yang biasa dipanggil Rosidah, adalah wanita dari Indonesia yang berasal dari salah satu desa dekat Surabaya, Jawa Timur.

Di Hong Kong, ia tinggal bersama suaminya yang berdarah Kanada, Paul Dobson, beserta tiga anak-anaknya yaitu Daniel Soekarno (14), Cassandra Kartini (13), dan Carissa Santika (9).

Rosidah banyak membuat konten soal memasak mulai dari membuat berbagai jenis kue, roti, dan hidangan lainnya, baik bernuansa Indonesia atau internasional.

Namun, tak hanya itu, ia juga kerap mengunggah video kegiatan sehari-hari keluarga Rosidah seperti berlibur ke taman hiburan, pulang kampung ke Indonesia, makan bersama di rumah saat tahun baru, dan sebagainya.

Menurut Rosidah salah satu kunci kesuksesan kanal YouTube miliknya adalah menyajikan konten yang otentik, mudah diakses, dan kental dengan nuansa rumahan.

“Makanan kami adalah makanan biasa, makanan biasa, dan itu salah satu hal yang menarik bagi orang-orang. Orang-orang menyukai makanan yang bergaya pedesaan. Apa yang saya tunjukkan hanyalah apa yang saya masak setiap hari - ini bukan untuk pertunjukan," kata Rosidah.

Di kanal YouTube Rosidah setidaknya ada 1.500 video yang sudah ia unggah sejak 2013 silam. Menurut statistik YouTube, video-video tersebut jika diakumulasikan sudah ditonton sebanyak 326.167.496 kali.

Salah satu video yang memiliki penayangan paling banyak adalah video berjudul "Resep Gulai Ikan" yang diunggah pada Februari 2017. Sampai hari ini, demonstrasi memasak gulai ikan tersebut sudah dilihat sebanyak 5,7 juta kali.

Namun, baru belakangan, Rosidah menyadari bahwa dirinya telah menjadi "orang terkenal" dan ini membuatnya terkejut.

Ia menceritakan pertama kali ia mulai menyadari bahwa dirinya dikenali oleh orang banyak ialah ketika ia dan keluarganya pergi berlibur ke Pertunjukan Bunga Hong Kong di Victoria Park, Hong Kong pada 2016 lalu. 

Saat itu, tiba-tiba Rosidah dan keluarganya dikerumuni oleh para penggemar yang ingin berfoto. 

“Saya tidak tahu saya sepopuler itu. Di situ saya mulai mengetahui bahwa orang-orang mengenal saya,” kata Rosidah.

Pada kesmpatan lain, suami Rosidah, Dobson juga menceritakan bahwa orang di Kanada juga mengenali Rosidah.

"Kami berada di sebuah kota di Kanada yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, kami pergi ke kebun binatang, dan ada orang di sana yang mengatakan 'Hai, Rosidah'," kata Dobson.

Bukan hanya Rosidah, Dobson dan anak tertuanya, Daniel, pun dikenal. Saat ini, sebagian besar basis penggemar kanal YouTube Rosidah ada di Indonesia, Malaysia, Singapura. Hong Kong sendiri menjadi basis penggemar terbesar keempat Rosidah.

Selain itu, juga ada yang berasal dari Rio de Janeiro, Cancun di Meksiko, Cape Town, hingga Hawaii.

Jadi YouTuber karena anak

Rosidah sendiri memulai karier sebagai YouTuber pada 2013 silam. Selain karena hobi, awal pembuatan kanal YouTube-nya ini juga didorong oleh kondisi anak nomor dua Rosidah, Cassandra.

Cassandra didiagnosis menderita tumor otak. Rosidah ingin mengunggah dokumentasi kesembuhan anaknya melalui kanal YouTube yang dibuatnya itu.

Video pertama Rosidah diunggah pada Oktober 2013. Namun, saluran YouTube miliknya baru mulai menarik perhatian orang-orang ketika ia mengunggah video anaknya, Cassandra meniup lilin di atas sebuah kue muffin pada 2014 silam.

“Putriku yang mencoba meniup lilin, yang menurutnya tidak mudah. Ada banyak orang yang menertawakannya, dan itu menjadi viral," kata Rosidah.

Sejak saat itu, Rosidah rajin mengunggah beberapa video dalam seminggu, hingga ada sekitar 1.500 video saat ini. Sebagian besar konten video yang dibuat Rosidah direkam dan diedit melalui ponsel miliknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SCMP, Jumat (12/3/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/12/15130047/nikmatul-rosidah-wanita-asal-indonesia-yang-jadi-youtuber-populer-di-hong-kong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke