Salin Artikel

Adu Kencang Kecepatan Download Smartphone 5G, Siapa Juaranya?

Riset OpenSignal melibatkan sejumlah merek smartphone, seperti Apple (iPhone), Samsung, OnePlus, LG, dan Google (Pixel). Riset ini dilakukan pada November 2020 hingga 26 Februari lalu.

Berdasarkan riset yang dilakukan, Samsung mendominasi jajaran smartphone 5G dengan kecepatan download rata-rata terkencang di Amerika Serikat (AS). Dari hasil penelitian, 60 persen dari 25 ponsel yang diuji merupakan produk Samsung.

Samsung Galaxy S21 5G duduk di peringkat pertama dengan kecepatan download rata-rata mencapai 56 Mbps. Di urutan selanjutnya, ada TCL Revvl 5G dan OnePlus 8T+ dengan angka kecepatan rata-rata masing-masing 49,8 Mbps dan 49,3 Mbps.

Lalu, di posisi keempat ada Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G dengan rata-rata kecepatan download 48,5 Mbps dan di urutan kelima yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang kecepatan unduhannya mencapai 47,5 Mbps.

Dari 25 smartphone dalam daftar tersebut, tiga di antaranya adalah ponsel lipat 5G yakni Samsung Galaxy Z Flip 5G, Samsung Galaxy Z Fold2 5G, dan Motorola Razr 5G.

Sebagai informasi, di Amerika Serikat, lini Samsung Galaxy S21 ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) teranyar Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Hasil penelitian ini membuat OpenSignal memprediksi bahwa mayoritas produk ponsel 5G ke depannya bakal mengadopsi chipset serupa.

Sementara itu, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max masing-masing mencatat kecepatan download rata-rata di angka 36,9 Mbps dan 36,2 Mbps. Adapun iPhone 12 dan iPhone 12 mini masing-masing memiliki kecepatan unduhan mencapai 29,6 Mbps dan 32,9 Mbps.

Selain itu, riset OpenSignal juga menunjukkan peningkatan kecepatan download saat menggunakan jaringan 5G dibandingkan 4G.

Di antara merek lain yang dianalisis, perbedaannya berkisar dari 1,7 kali untuk pengguna LG, 1,6 kali untuk pengguna Samsung, serta 1,4 kali untuk pengguna OnePlus dan Google.

Jika diakumulasi secara keseluruhan, Samsung menempati urutan pertama dengan rata-rata kecepatan download mencapai 54 Mbps.

Posisi selanjutnya disusul oleh OnePlus (53,1 Mbps), Google (52,2 Mbps), LG (47,9 Mbps), dan terakhir adalah Apple (44,5 Mbps).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi OpenSignal, Jumat (18/3/2021), hasil riset ini menyimpulkan bahwa ponsel Samsung memiliki kecepatan download rata-rata yang lebih kencang ketimbang empat vendor lainnya terutama pesaingnya selama ini yaitu Apple.

Selain itu, riset ini juga menunjukkan bahwa perangkat keras yang dibawa pada smartphone kelas atas sangat mempengaruhi kecepatan download dari smartphone tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/19/12300037/adu-kencang-kecepatan-download-smartphone-5g-siapa-juaranya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.