Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vendor Laptop Lokal Zyrex Terbitkan Saham Perdana, Incar Dana Rp 83 Miliar

Saham dan Waran PT Zyrexindo Mandiri Buana tercatat menggunakan kode saham (ZYRX). Dihimpun KompasTekno dari situs BEI, ZYRX adalah perusahaan tercatat ke-11 di BEI pada tahun 2021.

Melansir Kontan.co.id, Zyrexindo Mandiri Buana melepas 333,33 juta saham baru atau setara dengan 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Zyrex mengincar dana segara Rp 83,33 miliar dari IPO, dengan melepas harga per lembar sahamnya sebesar Rp 250. Selain itu, perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 166,66 juta Waran Seri I dengan harga pelaksanaan Rp 750.

Jumlah waran yang diterbitkan setara 16,67 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO.

Para pemengang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan, akan diberi Waran Seri I secara cuma-cuma sebagai insentif.

Nantinya, setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu Waran Seri I, di mana Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham baru perusahaan yang dikeluarkan dari portepel.

Adapun pelaksanaan Waran Seri I akan berlangsung dari 30 Maret 2021-30 Maret 2023. Dikutip Kontan.co.id dari catatan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebelumnya, Zyrexindo Mandiri Buana telah mengantongi tanggal efektif pada 17 Maret 2021.

Penawaran umum sendiri telah berlangsung pada 19-24 Maret. PT Zyrexindo Mandiri Buana juga mengadakan employee stock allocation (ESA) atau Program Alokasi Saham Karyawan.

Jumlah saham yang dialokasikan untuk karyawan sebanyak 9,99 juta atau sebesar 3 persen dari total saham yang diterbitkan.

Dalam proses IPO, Zyrexindo Mandiri Buana menggandeng PT BNI Sekuritas dan MT Mitrae Asset Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/30/10310017/vendor-laptop-lokal-zyrex-terbitkan-saham-perdana-incar-dana-rp-83-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke