Salin Artikel

Oppo A54 Punya Fitur Layar seperti Reno5 F

KOMPAS.com - Oppo resmi merilis smartphone kelas menengah teranyarnya, Oppo A54 di Indonesia, Senin (29/3/2021).

Meski datang dari keluarga A Series, Oppo A54 ternyata juga dibekali dengan sejumlah fitur yang ada di perangkat Reno5 F, yang juga baru diluncurkan di Tanah Air beberapa waktu lalu.

Seluruh fitur yang "diwariskan" dari Reno5 F ke Oppo A54 ini berasal dari teknologi layar, mencakup Sunlight Screen, Moonlight Screen, AI Smart Backlight, dan AI Eye Comfort.

Seperti namanya, fitur Sunlight Screen memungkinkan ponsel tersebut meningkatkan tingkat kecerahannya secara otomatis apabila pengguna memakainya di bawah sinar matahari terik.

"Sunlight Screen akan meningkatkan visibilitas ketika pemilik Oppo A54 menggunakan perangkat di luar," ujar Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno, Senin (29/3/2021). 

"Ponsel ini bisa meningkatkan kecerahan layarnya sekitar 14,5 persen atau hingga angka maksimal 550 nits," imbuh Aryo.

Sebaliknya, fitur Moonlight Screen memungkinkan ponsel menurunkan tingkat kecerahannya secara otomatis apabila dipakai di ruangan yang cukup gelap, sehingga layar ponsel tidak terlampau silau.

AI Smart Backlight sendiri memungkinkan ponsel mempelajari kebiasaan pengguna Oppo A54. Setelah itu, ponsel ini bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya secara otomatis sesuai dengan kegiatan dan kebutuhan pengguna.

Adapun teknologi AI Eye Comfort diklaim berfungsi untuk mengurangi dampak negatif terhadap mata yang dihasilkan dari layar ponsel.

"AI Eye Comfort mampu mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata," klaim Aryo.

Soal layarnya sendiri, Oppo A54 mengusung panel IPS LCD yang memiliki ukuran 6,51 inci dan resolusi HD Plus. Layar ini dihiasi dengan lubang punch hole yang diletakkan di sebelah kiri atas yang memuat kamera selfie 16 MP.

Beralih ke bagian punggung, di sisi ini terdapat tiga kamera belakang yang dibungkus dalam sebuah modul persegi. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP.

Sementara pada aspek hardware, Oppo A54 dipersenjatai System-on-Chip (SoC) Mediatek Helio P35 yang dipadu dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.

Baterai Oppo A54 berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh dan mendukung teknologi fast charging dengan daya 18 watt.

Fitur pendukung lainnya mencakup tingkat ketahanan terhadap cipratan air IPX4, serta sistem operasi Android 10 yang sudah dilapisi dengan tampilan antarmuka ColorOS 7.2.

Di Indonesia, Oppo A54 hadir dalam dua varian warna, yaitu Starry Blue dan Crystal Black. Perangkat ini dibanderol Rp 2,7 juta dan bakal bisa dibeli secara online atau offline pada 1 April mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/30/14030087/oppo-a54-punya-fitur-layar-seperti-reno5-f

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.