Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Transfer Uang WhatsApp Pay Dapat Lampu Hijau di Brasil

KOMPAS.com - Setelah sempat ditunda, layanan pembayaran digital, WhatsApp Pay pekan lalu dikabarkan sudah mendapat persetujuan dari bank sentral di Brazil untuk menjalankan aktivitas transfer uang di dalam aplikasi

Dengan demikian, layanan pembayaran digital anyar dari WhatsApp itu pun bisa segera beroperasi dan berkompetisi langsung dengan aneka bank dan pelaku fintech lainnya di ranah transfer dana.

"Kami (WhatsApp) sedang melakukan persiapan akhir agar pembayaran di WhatsApp mulai tersedia di Brasil secepat mungkin," kata juru bicara WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Pemanfaatan WhatsApp Payments saat ini baru terbatas pada transfer uang antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Untuk bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Pay, pengguna harus mendaftarkan kartu kredit dari bank rekanan WhatsApp, yakni Visa dan Mastercard yang berperan menangani proses transfer, sebagainana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (5/4/2021).

Sebelumnya, WhatsApp Pay sendiri telah resmi meluncur di Brasil pada Juni 2020 lalu, tapi diblokir tak lama setelahnya karena belum memperoleh lisensi yang diperlukan dari bank sentral.

Sempat ingin mendompleng lisensi Mastercard dan Visa, WhatsApp akhirnya menuruti ketentuan dan mengurus izin sebagai payment initiator, sementara kedua rekanannya itu bertindak sebagai processor.

Mastercard dan Visa juga harus memperoleh lisensi baru dari bank sentral untuk bisa bekerja sama dengan WhatsApp.

WhatsApp diketahui memiliki lebih dari 120 juta pengguna di Brazil. Meski sudah mendapat lampu hijau dari regulator, WhatsApp belum mengumumkan kapan layanan transfer dananya bakal benar-benar bisa digunakan.

WhatsApp Payment juga sempat disebut akan hadir di Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra lokal. Namun, hingga kini masih belum ada kelanjutan kabarnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/05/06350027/layanan-transfer-uang-whatsapp-pay-dapat-lampu-hijau-di-brasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke